Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romantis, Pasangan Ini Rayakan 80 Tahun Pernikahan

Kompas.com - 07/09/2015, 16:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Sepanjang yang Anda ketahui, berapa lama usia pernikahan hingga akhirnya maut memisahkan? Biasanya, ulang tahun pernikahan akan dirayakan hingga usia pernikahan mencapai 50 atau 60 tahun. Namun, pasangan suami istri ini baru saja merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-80, pekan lalu.

Diana (99) dan Willie Robichaud (101) dari Bathurst, Kanada, telah menikah selama 80 tahun. Kini, mereka sudah mencapai kondisi kesehatan yang ringkih dan menyulitkan. Mereka bahkan tidak dapat mendengar suara satu sama lain karena usia yang telah lanjut. Namun, mereka tetap mampu berkomunikasi dengan cara mereka sendiri.

"Mereka berdua berada dalam kondisi yang kurang baik dalam beberapa pekan belakangan ini. Kami takut bahwa mereka tidak akan mampu bertahan. Mereka selalu saling berbincang terus-menerus," ujar Rosa Gallant, putri Diana dan Willie.

Menurut Rosa, seumur hidupnya, dia tidak pernah melihat kedua orangtuanya tersebut saling bertengkar. Diana dan Willie, kata dia, selalu berusaha memperbaiki keadaan hingga kembali baik-baik saja. Teladan tersebut membuat Rosa dan orang-orang di sekitar mereka selalu merasakan cinta yang bersemi di antara Diana dan Willie selama puluhan tahun.

Beberapa waktu lalu, Diana dan Willie harus dirawat di Chaleur Regional Hospital karena kondisi kesehatan keduanya terus menurun. Pada saat itulah, Willie mengajukan permintaan terkait dengan pengaturan tidur. Tentu saja, Willie sama sekali tidak mau tidur terpisah dengan sang istri.

"Ketika dia berjalan masuk ke dalam ruangan perawatan, dia berkata, 'Apa ini? Dua ranjang? Ini tidak mungkin terjadi (tidur dengan ranjang yang terpisah)'," ungkap Rosa.

Selanjutnya, Rosa mengatakan bahwa sang ayah menyatakan bahwa dia dan sang istri sudah tidur bersama dalam satu ranjang selama 80 tahun usia pernikahan mereka. Jadi, dia menolak untuk tidur di ranjang yang terpisah dengan Diana. "Katanya, 'Ini bukan waktu ketika kami harus dipisahkan'," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com