Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepatu "High Heels" Bikin Langkah Jalan Jadi Pendek

Kompas.com - 08/09/2015, 13:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber yourtango

KOMPAS.com — Sepatu tumit tinggi atau high heels memiliki makna yang amat penting bagi kaum wanita. Selain ampuh menyempurnakan penampilan, sepatu ini juga selalu berhasil meningkatkan kepercayaan diri siapa pun yang mengenakannya. Namun, sepatu tumit tinggi pun memiliki serangkaian dampak negatif, antara lain menimbulkan cedera dan gangguan otot.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan berhenti mengenakan sepatu tumit tinggi mulai hari ini. Berikut ini uraiannya:

1. Langkah berjalan jadi pendek
Sepatu tumit tinggi memang membuat kaki terlihat lebih panjang, tetapi kaki Anda akan sesungguhnya lebih panjang apabila tidak mengenakan sepatu tersebut. Sebuah studi yang dihelat tahun 2012 dan dipublikasikan pada The Journal of Applied Psychology menemukan bahwa mereka yang terbiasa mengenakan sepatu tumit tinggi cenderung memiliki langkah yang pendek dan otot betis yang lebih pendek pula.

Alasannya, apabila Anda terbiasa berjalan dengan kaki yang bertumpu pada satu titik saja, maka tumit akan jarang merenggang ke ukuran alaminya. Para peneliti menyatakan, mengenakan sepatu datar yang menopang kaki dengan baik akan membantu otot betis untuk kembali ke kondisi alamiahnya.

2. Kondisi punggung lebih baik
Percaya atau tidak, sepatu tumit tinggi memang membuat bokong terlihat menakjubkan. Namun, kata Todd Sinett, seorang chiropractor asal New York, Amerika Serikat, sepatu tumit tinggi malah memiringkan pinggul Anda dan memaksa bokong dan punggung menjadi tertekan.

Beberapa wanita pun dapat mengalami spondylolisthesis yang mengakibatkan kerusakan saraf pada tulang punggung. Ketika Anda berhenti mengenakan sepatu tumit tinggi, maka secara otomatis tulang punggung akan kembali ke posisi normalnya. Selain itu, tekanan yang ditempatkan pada punggung bagian bawah akan menurun sehingga nyeri serta keluhan pada tulang punggung, termasuk yang dikaitkan dengan spondylolisthesis pun berkurang.

3. Mengurangi nyeri pada tumit dan pergelangan kaki
Mengenakan sepatu tumit tinggi tidak hanya memendekkan otot betis, tetapi juga memendekkan pergelangan kaki. Sepatu tumit tinggi pun dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki karena terjadi peradangan pada otot di antara tumit hingga jari kaki.

Apabila Anda mulai mengurangi frekuensi mengenakan sepatu tumit tinggi, maka pergelangan kaki akan kembali ke panjang normalnya. Selain itu, nyeri pada tumit pun akan berkurang.

4. Betis tidak "berkonde"
Mungkin Anda sering memperhatikan wanita yang memiliki betis "berkonde" lantaran keseringan mengenakan sepatu tumit tinggi. Nah, apa penyebabnya? "Ketika Anda mengenakan sepatu tumit tinggi, pusat gravitasi Anda akan bergeser ke depan dari yang seharusnya. Ini artinya ada tekanan ekstra pada pergelangan kaki dan ligamen," ujar Krista Archer, dokter spesialis podiatri.

5. Keseimbangan tubuh lebih baik
Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan terhadap para pramugari maskapai penerbangan Korea Selatan yang rutin mengenakan sepatu rumit tinggi selama beberapa tahun menemukan bahwa sepatu tersebut meningkatkan ketidakseimbangan antara otot di sekitar pergelangan kaki serta di bagian depan dan belakang. Akhirnya, tubuh pun menjadi tak seimbang.

Mengenakan sepatu datar akan membuat otot kaki dan pergelangan kaki bekerja dengan semestinya. Selain itu, keseimbangan pergelangan kaki pun akan membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com