Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Mengirim "E-mail" Romantis Buat Hubungan Makin Mesra

Kompas.com - 08/09/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com 
— Apa yang biasa Anda lakukan untuk menciptakan kemesraan dengan pasangan? Apakah Anda mengirimkan berbagai ucapan manja dan kalimat manis yang melambungkan hati lewat pesan singkat di ponsel?

Jika benar demikian, maka cara Anda sudah tepat. Sebab, sebuah studi terbaru menemukan bahwa ada baiknya Anda sering-sering mengirimkan pesan romantis kepada pasangan.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Computers in Human Behavior menemukan bahwa mengirim e-mail romantis membuat Anda merasa lebih dicintai oleh pasangan ketimbang mengirimkan pesan suara.

Untuk meneliti, para ahli mengadakan pengamatan terhadap 72 orang mahasiswa. Hasilnya, ditemukan bahwa para partisipan yang mengirimkan e-mail romantis pun menggunakan bahasa yang lebih kuat dan penuh perhatian ketimbang para responden yang mengirimkan pesan suara romantis.

Apa sebabnya? Para ahli menyatakan bahwa ketika menggunakan e-mail, Anda menambahkan lebih banyak hal positif dalam pesan sebagai kompensasi ketidakmampuan untuk menunjukkan nada suara. Selain itu, e-mail juga membuat Anda dapat memastikan bahwa hanya pesan terbaiklah yang Anda kirim kepada pasangan.

"Proses ekstra ini dapat meningkatkan gairah asmara Anda. Efek emosional ini terjadi baik pada pria maupun wanita," tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Nah, Anda yang belum pernah mengirimkan e-mail kepada pasangan mungkin dapat memulainya sekarang. Selain memungkinkan Anda menumpahkan perasaan kepada pasangan melalui bahasa dan tuturan, saling berkirim e-mail pun dapat membuat hubungan Anda semakin romantis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com