Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu… Malam Ini Jangan Lupa Bacakan Cerita untuk Si Kecil

Kompas.com - 08/09/2015, 21:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com— Menurut studi dari Reading and Literacy Discovery Centre di Cincinnati Children Hospital Medical Center, menemukan bahwa membaca buku cerita bersama si kecil memiliki efek biologis pada otak anak.

Beberapa waktu lalu, Yahoo! Parenting melaporkan bahwa suara orangtua yang anak dengar kala sedang membacakan buku cerita bisa mengubah otak anak secara biologis.

“Membacakan cerita pada anak Anda berdampak positif pada perkembangan otak anak, terutama anak yang masih berusia di bawah lima tahun,” ujar Tzipi Horowitz Kraus, PhD.

Kraus merupakan salah satu rekan peneliti dalam studi yang melibatkan 19 anak berusia tiga hingga lima tahun.

“Membacakan buku cerita pada anak bisa berdampak baik pada pembentukan kepribadian anak. Otak anak jadi lebih mudah dalam menyerap ilmu akademis. Selain itu, bisa membantu anak untuk lebih mudah bergaul,” urainya.

Peneliti menemukan anak-anak yang tinggal dalam rumah dengan anggota keluarga yang terbiasa membaca buku, memiliki otak yang lebih aktif, ketimbang anak-anak yang tidak terbiasa membaca buku sedari kecil.

Selanjutnya, Kraus masih meragukan apakah terbiasa mendengarkan orangtua bercerita bisa meningkatkan tingkat intelejensia anak. Namun, menurut Kraus, seperti yang kita ketahui bahwa mereka yang rajin membaca buku memiliki pengetahuan yang luas.

Lingkungan rumah yang memiliki budaya membaca buku bersama, kata peneliti, biasanya saling menyayangi dan hangat satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com