Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Gaya Busana Kerja dari Kate Middleton

Kompas.com - 10/09/2015, 16:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com - Dalam hal gaya berbusana yang rapi, sopan, elegan, sekaligus profesional, Kate Middleton, istri Pangeran William dari Kerajaan Inggris adalah salah satu contoh yang paling tepat. Bagaimana tidak, peran sebagai anggota keluarga kerajaan menuntut Kate untuk berpenampilan mewah, elegan, namun juga tetap sesuai dengan tren terkini dan kepribadiannya.

Nah, Anda yang bekerja di dunia profesional dapat menjadikan gaya berbusana Kate Middleton sebagai inspirasi Anda dalam berbusana sehari-hari pula. Sebab, pada dasarnya, aspek yang sama berlaku pada aturan busana dunia profesional, yakni mewah, elegan, berkarakter, dan tetap mengikuti tren terkini.

"Selama ini ada semacam keyakinan bahwa mode tidak memiliki tempat di lingkungan korporat dan dapat mengurangi kredibilitas. Mode tidak harus berlebihan. Setiap orang memiliki karakter sendiri dalam berbusana. Lingkungan kerja adalah tempat yang tepat untuk menunjukkan kepribadian kita," ujar Jane Lewis, seorang perancang busana.

Lewis pun memberikan beberapa kiat untuk berbusana di tempat kerja yang terinspirasi dari Kate Middleton:

1. Perhatikan lingkungan kerja

"Sesuaikan lingkungan dan ketentuan yang ada. Jujurlah dengan diri sendiri dan kenakan busana sesuai tren namun tetap pantas dengan lingkungan kerja. Pastikan aspek-aspek esensial di lingkungan kerja dan sesuaikan busana dengan bidang pekerjaan. Ini akan menjadi dasar dalam pemilihan gaya busana," jelas Lewis.

2. Jangan ragu bereksperimen dengan warna

"Warna dapat menambah kekuatan dan aspek feminin, serta merupakan cara paling ampuh untuk tetap mengikuti tren. Bereksperimenlah di luar warna hitam dan biru tua. Warna seperti burgundi, nuansa hijau dapat dipilih untuk mereka yang tidak terlalu berani berkesperimen dengan warna yang cerah dan kuat," ungkap Lewis.

3. Gunakan aksesori sebagai penambah aksen

Lewis menjelaskan, aksesori merupakan salah satu penyempurna gaya busana di lingkungan kerja, misalnya Anda dapat menambahkan aksesori atau mengenakan sepatu berkarakter unik. Aksen seperti ini, kata dia, mampu membuat Anda tetap berada pada jalur tren yang sedang diminati. "Satu aksesori dalam satu waktu pun cukup. Ini akan memberikan kesan yang kuat dan dampak yang besar. Kenakan gelang, ikat pinggang berwarna, atau sepasang sepatu yang cantik," saran Lewis.

4. Utamakan kenyamanan

Hal paling utama dalam berbusana adalah kenyamanan. Sebab, menurut Lewis, kepercayaan diri dan keeleganan dalam berbusana memiliki kaitan yang amat erat dengan kenyamanan. "Ini adalah fondasi yang utama dalam hal berbusana dengan baik untuk lingkungan profesional Anda. Hindari busana dengan potongan yang tidak nyaman, terlihat menggantung, sempit, atau sepasang sepatu yang membuat Anda tak nyaman di kantor," tutur Lewis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com