Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putri Tertua Akan Masuk Universitas, Barack Obama Khawatir

Kompas.com - 11/09/2015, 13:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memiliki dua orang putri yang cantik, Malia (17) dan Sasha yang sudah beranjak remaja. Menjelang kelulusan Malia dari sekolah menengah dan akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi ternyata membuat Obama merasakan kekhawatiran.

Dalam pidato ketika berkunjung ke negara bagian Michigan, Rabu (9/9/2015), Obama mengutarakan bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi, Malia akan meninggalkan Gedung Putih untuk melanjutkan pendidikan dan mengejar cita-citanya menuju masa depan. Mulai dari situ, Obama sebagai ayah merasa khawatir dengan sang putri tertua.

"Kemarin Malia memulai tahun terakhirnya di sekolah. Saya duduk di dalam kamarnya karena saya akan menyaksikannya pergi ke sekolah. Ia menyandarkan kepalanya di bahu saya dan ia berkata, 'Ayah, Ayah mungkin menyadari ini mungkin terakhir kalinya Ayah mengantarku ke sekolah'," ujar Obama saat berpidato di Maycomb County Community College di Warren, Michigan.

Pilihan universitas dan program studi yang diminati Malia memang belum diketahui. Akan tetapi, remaja putri tersebut beberapa waktu lalu sudah terlihat sibuk berkunjung ke universitas-universitas ternama di Amerika Serikat, seperti Harvard University, Tufts University, Yale University, dan Stanford University. Kemungkinan, Malia akan memilih program studi perfilman atau produksi televisi.

"Saya tidak ingin cengeng dan berurai air mata. Itu tidak masuk akal. Michelle dan saya masih terlalu muda untuk memiliki dua putri yang keduanya hampir masuk ke universitas. Jadi, sebagai orangtua, saya merasa sedikit khawatir dan panik," tutur Obama.

Kemudian, Obama pun memuji kedua putrinya. Menurutnya, Malia dan Sasha adalah dua anak yang begitu pekerja keras. Bahkan, kerja keras keduanya dalam belajar ternyata jauh melampaui dirinya sendiri ketika seusia mereka. Selain itu, Obama mengaku bahwa Malia dan Sasha adalah anak yang baik, penuh hormat, sopan, dan tidak menunjukkan perilaku yang negatif.

"Mungkin karena ibu mertua saya masih mendampingi. Kami mengatakan bahwa mereka harus berperilaku baik di depan ibu mertua saya (nenek Malia dan Sasha). Mereka luar biasa," imbuh Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com