Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Nilai Mata Uang Dolar Jadi Peluang untuk Industri Kosmetik Lokal

Kompas.com - 11/09/2015, 16:11 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Naiknya nilai mata uang dolar AS menjadi kesempatan bagi produk lokal untuk mempromosikan keunggulan produknya. Salah satu produk perawatan serta kosmetik lokal, Mustika Ratu, tak ketinggalan juga mempromosikan kepada masyarakat agar mulai memilih dan menggunakan produk dalam negeri. Hal ini dilakukan brand kecantikan tersebut dengan membuka booth perawatan kecantikan yang berlokasi di pusat-pusat perbelanjaan.

Putri K Wardhani selaku Presiden Direjktur PT Musyika Ratu Tbk, mengatakan, "Kenaikan nilai dolar terhadap rupiah saat ini merupakan kesempatan bagi kami sebagai pelaku usaha lokal untuk menarik minat kosumen agar melihat kembali dan mencintai produk dalam negeri," ujar Putri.

GM Marketing PT Mustika Ratu Tbk, Indah Soelistyawati ditemui dalam acara jumpa pers Festival Royal Heritage di Kota Kasablanka, Jakarta (10/9/2015), mengungkapkan bahwa produk kosmetik lokal memiliki banyak keunggulan serta tak kalah dengan produk luar negeri.

"Keunggulan pertama, harga kita sangat bersaing. Apalagi jika sekarang nilai mata uang dolar naik. Produk Mustika Ratu yang ditawarkan kebanyakan menggunakan bahan baku lokal. Meski tak dapat dipungkiri juga, ada bahan tertentu yang diimpor dari luar, tapi jumlahnya lebih sedikit dibanding kuantitas bahan baku lokal yang digunakan," ujar Indah. "Dengan naiknya harga dolar, otomatis harga produk lain ikut naik jika tidak bisa mengorbankan profit perusahaan," tambah Indah lagi.

Hal kedua yang menurut Indah menjadi keunggulan produk lokal adalah kualitasnya serta sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. "Seperti warna kosmetik, sebenarnya produk-produk lokal itu sudah memenuhi kebutuhan warna wanita Indonesia," alhasil Indah mengatakan hasil aplikasi kosmetik produk lokal ini pun, tak kalah dengan jenis produk impor.

Indah juga mengatakan bahwa di Mustika Ratu, produk perawatan yang ditawarkan sangat lengkap dan beragam. Semua tersedia mulai dari perawatan ujung rambut, hingga ujung kaki, sehingga dapat menjadi produk pilihan bagi wanita Indonesia.

"Saran saya jangan mengecilkan dan menganggap bahwa produk Indonesia tak berkualitas. Kemudian juga jangan melihat bahwa merawat kecantikan itu bisa dilakukan secara instan dan cepat. Segala sesuatu baiknya dilakukan rutin dan teratur, karena apabila dilakukan sesuai dengan yang disarankan, pada usia tertentu akan terlihat hasilnya," terang Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com