Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2015, 16:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki buah hati yang sudah memasuki usia sekolah dan Anda pun memiliki kesibukan dalam pekerjaan tentu membuat Anda harus memiliki tenaga ekstra untuk mengatur jadwal anak, mulai dari bangun pagi hingga jam tidur di malam hari. Pun tidak sedikit orangtua yang mengalami kesulitan dalam mengatur waktu istirahat untuk anak.

Beberapa waktu belakangan ini, sebuah tabel tentang jam tidur dan jam bangun pagi anak yang ideal muncul dan menyebar di internet. Berdasarkan usia buah hati, Anda dapat menyesuaikan kapan Anda harus membimbing anak untuk tidur sehingga ia dapat memikiki waktu istirahat yang cukup agar dapat beraktivitas dengan baik keesokan harinya.

Stacy Karlsen, seorang pengajar di sekolah dasar Wilson Elementary di Kenosha, negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat mengunggah tabel tersebut pada tanggal 28 Agustus 2015 lalu. Alasannya, Karlsen berpikir bahwa barangkali akan banyak orangtua yang membutuhkan pedoman pengaturan waktu tidur anak tersebut. Benar saja, tabel itu telah dibagikan sebanyak lebih dari 380.000 kali di dunia maya.

"Bagi saya, sangat mengejutkan bahwa tabel tersebut sudah dibagikan sebegitu banyak. Saya tidak menyusunnya sendiri. Saya menemukannya saat sedang menelusuri laman pribadi saya dan saya pikir tabel ini akan sangat berguna," ujar guru kelas 1 SD tersebut dalam wawancara dengan Fox6Now.

Memang, para dokter telah merekomendasikan bahwa waktu tidur anak usia tiga hingga enam tahun adalah antara 10 hingga 12 jam setiap harinya. Sementara itu, anak usia tujuh hingga 12 tahun membutuhkan waktu tidur setidaknya antara 10 sampai 12 jam. Apabila anak kurang tidur, maka ia akan mengalami berbagai masalah, seperti kenaikan berat badan, serta berbagai masalah kesehatan psikologis, emosional, dan sosial.

"Menggunakan tabel seperti ini sebagai panduan dapat membantu Anda memastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup dan Anda bisa membimbing anak tidur dengan nyaman. Saya merekomendasikan rutinitas yang bisa membantu anak mudah tidur, seperti membersihkan diri, menggosok gigi, membacakan cerita, kemudian tidur dengan nyaman," jelas dr Jennifer Shu, dokter spesialis pediatri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com