Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2015, 11:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -- Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang indah, sehat, dan berkilau. Selain itu, sebagian wanita juga mengidamkan rambut yang panjang dan indah. Namun, ternyata tidak semua wanita diberkahi dengan rambut yang mudah panjang. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Beberapa pakar penataaan rambut profesional memberikan kiat-kiat untuk memanjangkan rambut dengan waktu cukup singkat tanpa memerlukan langkah yang sulit dan mahal. Berikut uraiannya.

1. Sering memotong rambut
Kedengarannya mungkin aneh, tapi memotong rambut secara rutin untuk merapikannya ternyata diyakini membuat rambut cepat tumbuh panjang. Menurut pakar penataan rambut selebriti Michael Dueñas, memotong rambut sebenarnya tidak sepenuhnya membuat rambut lekas panjang, tapi akan menghilangkan bagian rambut yang sulit diatur dan menyebabkan rambut menjadi rapuh.

"Menghilangkan bagian rambut yang rusak akan memberikan tampilan bahwa rambut Anda cepat panjang. Lagipula, bagian rambut yang rusak dapat membuat rambut sulit panjang dan kehilangan kilau, volume, dan kehalusannya," papar Dueñas.

2. Pastikan kesehatan kulit kepala
Pakar penataan rambut selebriti, Chaz Dean, menjelaskan bahwa rambut ibarat sebuah pohon. Jadi, apabila tanah dan akarnya tidak dijaga dengan baik, maka pohon tidak akan tumbuh tinggi dan kuat. "Ketika Anda membersihkan dan merawat kulit kepala dengan bahan-bahan yang menyehatkan, maka rambut pun akan kuat dan memukau. Rambut yang sehat harus memiliki ketebalan yang sama dari akar hingga ujung rambutnya. Kalau ujungnya lebih tipis, mulailah ritual perawatan rambut secara intensif," ungkap Dean.

3. Konsumsi makanan sehat
Memiliki rambut yang panjang dan sehat tidak hanya bergantung pada produk perawatan yang diaplikasikan rambut, tapi juga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. "Untuk memiliki rambut yang cepat tumbuh, maka Anda juga harus 'memberi makanan' untuk rambut dari dalam," jelas Dr Francesca Fusco, dermatolog serta pakar rambut dan kulit kepala.

Fusco menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti ikan, kacang-kacangan, kecambah, dan gandum. "Kalau Anda bukan penggemar daging, pastikan Anda menjalankan diet tinggi protein. Ingat, sebagian wanita tidak mengonsumsi cukup protein, sehingga risiko rambut rontok pun tinggi," imbuh Fusco.

4. Hindari alat penataan rambut yang menghantar panas
Salah satu faktor yang berperan besar terhadap kerusakan rambut adalah penggunaan alat penataan rambut yang menghantarkan panas. "Berhentilah menata rambut Anda secara berlebihan dengan alat-alat itu. Kalau Anda harus menggunakannya, turunkan temperatur panasnya dan aplikasikan produk pelindung panas pada rambut, kalau tidak rambut Anda akan rusak," jelas Ken Paves, pakar penataan rambut selebriti.

5. Jangan keramas setiap hari
Ternyata, merawat rambut dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Mulai hari ini, sebaiknya Anda tidak mencuci rambut Anda setiap hari. Menurut Paves, langkah yang normal adalah mencuci rambut sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. "Ini akan memungkinkan minyak alami dapat masuk dengan sempurna ke dalam rambut, melembabkan, dan memperbaiki rambut dengan sendirinya," jelas Fusco.
"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com