Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Inikah Rupa Pangeran George Saat Dewasa?

Kompas.com - 14/09/2015, 16:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Pada usianya yang masih balita, Pangeran George, putra Pangeran William dan Kate Middleton dari Kerajaan Inggris, sudah memukau publik karena penampilannya yang modis, lucu, dan menggemaskan. Akan tetapi, apakah Anda pernah membayangkan seperti apa rupa dan penampilan Pangeran George ketika dewasa nanti?

Hassan Ugail dari Center for Visual Computing di Bradford University, Inggris, baru-baru ini mengembangkan sebuah aplikasi terbaru khusus untuk pendeteksian wajah. Awalnya, aplikasi ini digunakan untuk melacak potensi teroris dan pelaku tindak kriminal di tengah keramaian. Akan tetapi, sesaat lagi aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan melacak pelaku tindak kriminal.

Ugail menyatakan, dalam waktu dekat aplikasi ini dapat dinikmati melalui smartphone sehingga semua orang bisa menggunakan foto mereka sendiri dan melacak rupa mereka pada masa mendatang. Untuk mendemonstrasikan betapa akuratnya aplikasi ciptaannya dalam menaksir rupa seseorang pada masa depan, Ugail menggunakan beberapa foto selebriti.

Sejauh ini, Ugail sudah menggunakan foto aktris Angelina Jolie dan bahkan beberapa anggota keluarga Kerajaan Inggris, seperti Pangeran William, Pangeran George, dan Putri Charlotte. Akhirnya dapat diperoleh sejumlah taksiran rupa beberapa sosok tersebut, misalnya rupa Pangeran George saat mencapai usia tujuh tahun dan 20 tahunan.

Berdasarkan foto yang dihasilkan aplikasi tersebut, Pangeran George terlihat tampan dan mengagumkan saat mencapai usia dewasa. Terlihat pula kemiripannya dengan Pangeran William, sang ayah. Ada paduan wajah Pangeran William dan Kate Middleton dalam rupa Pangeran George saat mulai beranjak dewasa.

Aplikasi tersebut juga menampilkan taksiran rupa Putri Charlotte, sang adik pada usia 7 tahun, 20 tahun, 40 tahun, hingga 60 tahun. Bahkan, taksiran rupa Putri Charlotte saat mulai menginjak usia dewasa memperlihatkan kemiripannya dengan mendiang Lady Diana, sang nenek.

Lalu, seberapa besar sebenarnya tingkat akurasi foto tersebut? Menurut Ugail, keakuratan foto yang dihasilkan oleh aplikasi yang dikembangkannya ini mencapai hingga 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com