Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sungkan Lakukan Ini Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 17/09/2015, 07:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com — Dalam wawancara kerja, biasanya manajer personalia atau perwakilan dari perusahaan akan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada kandidat karyawan. Selain itu, kandidat karyawan pun biasanya diminta untuk menjelaskan diri dan pengalaman kerjanya secara singkat. Akan tetapi, apakah kandidat karyawan juga diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan kepada perusahaan?

Ternyata jawabannya adalah Anda sebaiknya tidak sungkan untuk mengajukan pertanyaan pula kepada pihak perwakilan perusahaan. Menurut Becca Brown, pendiri Solemates, produk perawatan sepatu wanita dan mantan karyawan perusahaan perbankan Goldman Sachs, mengajukan pertanyaan adalah salah satu cara untuk menampilkan kesan baik pada perusahaan yang akan merekrut Anda.

"Salah satu cara untuk mengesankan perusahaan potensial yang akan merekrut Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan, misalnya, ke mana arah perusahaan dalam waktu lima tahun ke depan," jelas Brown.

Brown, yang telah mewawancarai setidaknya 60 kandidat karyawan untuk perusahaan yang didirikannya dan puluhan kandidat lain saat masih berkarier di Goldman Sachs, menyatakan kepada Business Insider bahwa hal yang buruk dalam wawancara kerja adalah apabila Anda datang tanpa membawa pertanyaan untuk diajukan. Di samping itu, ada sebuah pertanyaan yang sering diajukan oleh para kandidat karyawan kepadanya.

"Pertanyaan yang paling umum saya terima dari kandidat karyawan adalah hal apa yang saya petik dari mendirikan perusahaan dari nol. Saya selalu senang setiap kali menjawab pertanyaan tersebut, karena saya juga terus belajar seiring berkembangnya bisnis saya, sehingga pertanyaan itu tidak pernah terasa kuno bagi saya," terang Brown.

Akan tetapi, ada pula pertanyaan yang jarang diajukan oleh kandidat karyawan, tetapi begitu berkesan bagi Brown dan ia anggap sebagai sebuah pertanyaan yang sangat baik. "Mereka terkadang ada yang bertanya tentang bagaimana saya melihat perusahaan saya dalam waktu lima tahun dari sekarang," imbuhnya.

Pertanyaan semacam itu, lanjut Brown, merupakan pertanyaan yang bagus karena mengilustrasikan keinginan para kandidat karyawan untuk memahami visi dan tujuan kami sebagai sebuah perusahaan. "Selain itu, berbincang tentang hal ini dalam wawancara kerja akan memungkinkan kami untuk mempertimbangkan kecocokan, kemampuan, dan apakah kandidat karyawan dapat berkontribusi untuk visi dan tujuan tersebut," jelas Brown.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com