Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2015, 07:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahapan pertumbuhan anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh orangtua. Pasalnya, tahapan-tahapan pertumbuhan tersebut merupakan tanda perkembangan anak secara keseluruhan, baik dari aspek motorik, kognitif, dan sosial emosionalnya. Oleh sebab itu, orangtua harus mendukung setiap perkembangan yang dialami anak.

Psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo Psi mengungkapkan, selain mendampingi anak dalam setiap tahapan pertumbuhan, orangtua pun harus memberikan dukungan dan menyajikan lingkungan yang mampu menstimulasi perkembangan anak. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh orangtua.

"Misalnya ketika anak mulai belajar berjalan, orangtua harus memberikan ruangan yang luas dan aman agar anak dapat berjalan dengan leluasa. Jauhkan sementara alat-alat di rumah yang mudah pecah atau rusak, misalnya taplak meja, hiasan keramik atau kristal. Baiknya disingkirkan dulu," ujar Vera pada konferensi pers Fisher Price di Gandaria City, Rabu (16/9/2015).

Selain itu, orangtua juga harus memberikan kesempatan bagi anak untuk berkembang sesuai tahapannya. Misalnya, ketika anak belajar berjalan, berikan ia kesempatan untuk mencoba dengan cara tidak menggendong atau meletakkan anak di kereta dorong (stroller). Sebab, cara-cara semacam ini malah akan menghambat kemampuan anak.

Tidak hanya itu, orangtua pun harus mengapresiasi kemampuan anak. Vera memberi contoh, apabila anak terjatuh ketika belajar berjalan, maka jangan memaksa atau mendorong anak untuk seketika mampu berjalan. Dukunglah ia dan jangan memarahinya, sehingga anak merasa senang dan tidak takut untuk mengulang.

"Kalau anak masih takut untuk belajar berjalan, jangan terlalu dipaksa. Biarkan saja, tapi orangtua juga harus memberikan ruangan yang luas di rumah untuk anak berlatih, berikan alat yang bisa dijadikan pegangan. Dampingi dan bantu anak," ungkap Vera.

Hal yang tidak kalah penting adalah memberikan mainan yang tepat untuk membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini penting, sebab pada dasarnya dunia anak adalah belajar dan bermain. Sehingga, dengan mainan yang tepat, anak pun dapat berkembang sesuai dengan tahapan pertumbuhannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com