Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2015, 11:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Kecantikan harus dirawat dari atas kepala hingga ujung kaki. Penampilan yang sempurna dapat tak menarik lagi hanya karena kulit di bagian tumit kaki terlihat pecah-pecah. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan baik mengenakan produk yang tersedia di pasaran atau mengunakan bahan-bahan alami hasil buatan sendiri. Berikut adalah enam ramuan alami untuk mengatasi masalah kulit pecah-pecah pada tumit kaki yang bisa Anda coba seperti dilansir situs Boldsky:

1. Minyak kelapa

Pijatkan minyak kelapa pada bagian tumit sebelum tidur. Kemudian kenakan kaos kaki untuk menutupinya. Jangan lupa untuk mencuci kaki hingga bersih di pagi hari dan lakukan hal ini secara rutin.

2. Obat kumur dan air bunga mawar

Ternyata obat kumur memiliki fungsi lain, yakni dapat melembutkan kulit tumit yang pecah-pecah. Caranya, cukup campurkan tiga perempat air rendaman bunga mawar dengan seperempat obat kumur. Campurkan kemudian oles ke area tumit yang bermasalah, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

3. Shea butter

Shea butter memiliki kandungan lengkap vitamin A, D, E, dan F. Shea butter juga memiliki kandungan lemak asam dan antioksidan yang baik untuk kulit kering. Pijat tumit kaki dengan shea butter setiap malam sebelum tidur.

4. Oatmeal dan jojoba oil

Anda dapat membuat "ramuan" untuk mengangkat sel kulit tumit yang kasar dengan mencampur oatmeal dan minyak jojoba. Jika minyak jojoba sulit didapat, Anda dapat menggantinya dengan minyak zaitun.

5. Madu

Rendam kaki dengan campuran air hangat dan madu selama 20 menit. Gosok bagian kulit tumit yang kasar agar kulit menjadi lebih halus.

6. Minyak zaitun

Cara paling praktis adalah menggunakan minyak zaitun. Pijat area tumit kaki dengan minyak zaitun sebelum tidur dan beri pijatan. Diamkan paling tidak selama satu jam agar minyak meresap ke area kulit, kemudian bilas di pagi hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com