Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2015, 12:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber forbes.com

KOMPAS.com - Profesi sebagai seorang model bukanlah profesi yang dapat dipandang sebelah mata. Selain memiliki paras yang cantik dan bentuk tubuh yang indah, seorang model pun harus memiliki keunikan sendiri dan kepribadian yang baik agar dapat menjadi duta produk pilihan. Tidak mengherankan, profesi model akan mendatangkan penghasilan yang amat besar.

Majalah Forbes baru saja merilis daftar para model dengan penghasilan paling tinggi di dunia. Hasilnya, supermodel asal Brazil, Gisele Bundchen (35) menempati peringkat pertama sebagai model terkaya di dunia dengan penghasilan mencapai 44 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 586 miliar sebelum dipotong pajak dan pengeluaran antara bulan Juni 2014 hingga Juni 2015.

Meksipun sudah mengumukan pensiun dari dunia modeling pada tahun 2015 ini, penghasilan Bundchen ternyata tidak banyak berkurang. Terbukti dari penurunan penghasilannya yang hanya mencapai enam persen dibandingkan tahun 2014 lalu. Meski tak lagi berjalan di atas lantai peraga, Bundchen tetap melanjutkan kontrak dengan Chanel dan Carolina Herrera sebagai duta produk. Bundchen pun memiliki bisnis busana dalamnya sendiri yang terbilang sukses saat ini.

Berada di bawah Bundchen adalah Cara Delevingne dan Adriana Lima yang masing-masing memiliki pendapatan mencapai 9 juta dolar AS atau setara Rp 119 miliar. Lima adalah duta produk Victoria's Secret dan salah satu "angel " terlama dalam sejarah brand pakaian dalam wanita tersebut. Selain itu dirinya juga menjadi duta produk untuk beberapa label gaya hidup lainnya.

Para model yang berada di urutan keempat dan kelima adalah Doutzen Kroes dan Natalia Vodianova, masing-masing memiliki penghasilan mencapai 7,5 juta dolar AS dan 7 juta dolar AS atau setara sekitar Rp 99 miliar dan Rp 93 miliar. Salah satu pendatang baru dalam daftar model berpenghasilan tertinggi di dunia versi Forbes ini adalah Kendall Jenner yang menempati posisi 16 dengan penghasilan 4 juta dolar AS atau Rp 53 miliar.

Ketenaran Jenner tidak hanya berkat penampilannya dalam program televisi Keeping Up With The Kardashians atau perannya sebagai duta produk untuk berbagai label mode ternama dunia. Akan tetapi, eksistensi Jenner di dunia maya pun tidak dapat diragukan. Saat ini ia setidaknya memiliki 36,4 juta follower pada akun Instagram pribadinya.

"Generasi Kendall lebih banyak dipengaruhi oleh media digital ketimbang televisi, majalah, atau berbagai bentuk iklan lainnya. Bila digabungkan, follower Jenner mencapai 58 juta, baik di Instagram, Twitter, dan Facebook. Hal ini meyakinkan dirinya menjadi favorit bagi banyak brand," ujar Chris Gay, General Manager The Society Managemenr, agensi model yang menaungi Jenner.

Daftar model terkaya ini disusun berdasarkan penghasilan para model yang mayoritas berasal dari industri modeling, ketimbang akting, menjadi presenter, atau penyanyi. Forbes menyusun daftar tersebut berdasarkan penghasilan dari kontrak produk kosmetik serta wewangian, iklan, sponsor, dan kerjasama lainnya. Penghasilan tersebut dihitung dari bulan Juni 2014 hingga Juni 2015 kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber forbes.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com