Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan, Ludo Si Kucing dengan Berat Badan 11 Kilogram

Kompas.com - 21/09/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com –- Anda yang mengaku sebagai penyayang kucing, pasti akan gemas melihat kucing terbesar di Inggris bernama Ludo.

Kucing berjenis Maine Coon milik Matthew Gill, dari West Yorkshire, Inggris, ini memang berukuran tak lazim. Ludo memiliki berat 11 kilogram dan panjang 114 sentimeter. Ukuran ini adalah tiga kali dari ukuran kucing normal. Ludo yang baru berusia 17 bulan, diperkirakan masih akan terus bertumbuh.

Nyonya Gill (28), istri dari Matthew Giil, pemilik Ludo, mengatakan bahwa suaminyalah yang awalnya mengambil Ludo dari peternakan kucing, satu tahun yang lalu.

"Ketika kami membawa Ludo, dia tak lebih besar dari kucing-kucing lainnya. Justru saudara Ludo, agak lebih pendek dan bulat ketimbang kucing Maine Coon lain. Namun, berbulan-bulan kemudian, kami sadar bahwa tubuh Ludo menyusul kucing lainnya yang lebih tua beberapa tahun darinya. Ludo sekarang dua kali ukuran mereka," ujar Nyonya Gill.

Ludo yang bongsor memiliki sifat bersahabat dan sama sekali tidak galak. "Dia kucing yang sangat baik, tidak galak, dan sangat penyayang. Sayangnya banyak orang yang berkunjung takut dengan Ludo karena melihat ia seukuran dengan anjing, bukan kucing," ungkapnya.

Dirinya belum yakin apakah kucingnya ini adalah yang terbesar di Inggris. "Kami sadari dia bisa menjadi kucing terbesar di Inggris, ketika suamiku melihat di internet dan menemukan Ludo hanya sedikit dibawah ukuran kucing lainnya. Namun, dia baru 17 bulan. Aku tak dapat membayangkan akan sebesar apa dia," urainya. Sekarang, kata Gil,  jika dia menggendong Ludo, rasanya seperti menggendong bayi manusia.

Anehnya, meski besar, Ludo makan lebih sedikit ketimbang kucing lain yang berukuran lebih kecil darinya. "Dia tidak menghabiskan biaya yang besar, tak seperti dua kucing lainnya, dan satu kucing paling kecil yang makan paling banyak. Dia hanya mengonsumsi jumlah normal dari makanan kaleng khusus kucing Maine Coon," urainya.

Ukuran Ludo yang tak normal ini bisa jadi berasal gen ras Main Coon yang memang dikenal memiliki tubuh besar dan panjang.

"Kata peternaknya, Ludo memang bersaudara dengan kucing terpanjang," imbuhnya.

Ras kucing Maine Coons memang dikenal sebagai  “Si raksasa yang lembut” dalam dunia kucing, karena ukurannya yang besar dan sifatnya yang ramah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com