Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan "Spa" Indonesia dibanding Negara Lain

Kompas.com - 22/09/2015, 17:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Perawatan spa dari Indonesia memang terkenal di dunia. Beberapa tempat yang menyajikan beragam perawatan tubuh di Eropa maupun Amerika Serikat, biasanya memiliki pilihan paket spa yang terinspirasi dari Bali atau tanah Jawa khas Indonesia. Sayangnya, hanya dua daerah perawatan spa yang dikenal dari Indonesia. Padahal, sebenarnya masih banyak daerah Indonesia lain yang memiliki ciri khas luar biasa unik sehubungan dengan kegiatan perawatan tubuh tersebut, seperti dari daerah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan, dan masih banyak lainnya. 

Wulan Tilaar, Vice Chairwoman of Martha Tilaar Group saat ditemui pada peringatan 45 tahun Maartha Tilaar Group, di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah mengatakan bahwa spa Indonesia memiliki keunggulan dibanding jenis spa negara lain. "Kunci spa ada pada sang terapis. Terapis Indonesia itu cukup dikenal lewat good hand yang terampil serta good heart-nya.

Wulan menjelaskan bahwa good heart adalah sifat ramah tamah khas Indonesia yang selalu ditunjukkan oleh setiap terapis di sini. Kemudian good hand adalah teknik yang dikuasai oleh para terapis yang kebanyakan berasal dari daerah dimana mereka mempelajari dulu sebelumnya. "Teknik spa yang baik itu adalah yang dapat memancarkan lima indera sekaligus dari orang yang dipijat," jelas Wulan.

Kemudian, Vice Chairwoman dari Martha Tilaar Group ini juga mengungkapkan bahwa saingan terbesar Indonesia dalam industri spa adalah negara Thailand yang identik dengan Thai massage-nya. Kendati demikian, Wulan berkata bahwa spa Indonesia bisa dibilang masih jauh lebih unggul dibanding Thailand karena adanya penggunaan kandungan rempah-rempah yang beragam, serta teknik pijat yang lebih halus. 

Wulan sendiri saat ini sedang mencanangkan untuk terus mengembangkan industri spa Indonesia, dengan menggalakkan beberapa program yang ada di Martha Tilaar Training Center, kemudian menambah varian jenis spa Indonesia pada Marta Tilaar Salon Day Spa, dan beberapa program lainnya yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com