Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2015, 19:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai salah satu pelopor kecantikan di Indonesia, nama Martha Tilaar sudah tak asing lagi. Untuk meraih kesuksesan hingga saat ini, Martha Tilaar juga mengaku kalau dirinya tak luput dari sebuah proses kerja keras. Sepanjang hidupnya, wanita asal Gombong, Jawa Tengah ini dikenal sebagai pekerja ulet yang fokus menjalani bidang kecantikan. 

Ibu Martha yang baru saja berulang tahun ke-78 tahun, dalam acara peringatan 45 tahun Martha Tilaar Group, di kampung halamannya Gombong, mengatakan bahwa ia tak pernah menyangka, dari daerah asalnya Gombong, Kebumen, Jawa Tengah ia dapat berkarir, kemudian melebarkan sayapnya hingga akhirnya usaha tersebut dihargai oleh dunia. 

"Bayangkan, saya berasal dari Gombong, sebuah desa yang berada di daerah Kebumen, Jawa Tengah, bisa kemudian sampai ke New York, Amerika Serikat dan menerima apresiasi dari organisasi internasional PBB," ujar Ibu Martha pada sesi pidatonya di hadapan para ibu-ibu Desa Wero beberapa hari lalu. Tahun 2012, Ibu Martha mendapatkan penghargaan yang diberikan sekjen PBB, Ban Ki Moon, atas kontribusinya selama ini sebagai pelaku bisnis yang memperhatikan pembangunan global.

Martha kemudian tak lupa mengajak para ibu-ibu Desa Wero untuk mempraktikkan lima kunci kesuksesan yang disingkat DJITU (Disiplin, Jujur, Inovatif, Tekun, dan Ulet), dimana juga merupakan kunci kesuksesan dirinya dan menjadi dasar filosofis perusahaan Martha Tilaar Gorup.

"Mulailah dari diri sendiri untuk menjadi manusia DJITU. Dengan disiplin, jujur, inovatif, tekun, dan ulet, saya yakin sekali Anda bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan," ujar Ibu Martha. "Jika belum juga mendapatkan hingga saat ini, saya yakin anak cucu Anda yang nanti akan mendapatkannya," tambahnya optimis.  

Martha juga sempat berkata kepada Kompas Female, bahwa ia menghimbau semua masyarakat daerah yang telah sukses, untuk tak lupa pada kampung halamannya dan ikut membangun daerahnya masing-masing. Lewat aksi "Kembali Poelang", Ibu Martha dan Wulan Tilaar menggagas sebuah gerakan untuk mengajak para putra putri Kebumen yang sedang merantau jauh di luar Jawa Tengah untuk tak lupa mengembangkan daerah asalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com