Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sibuk Urus Anak, Michelle Obama Pernah Tidak Sempat Mandi

Kompas.com - 25/09/2015, 21:07 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com –- Menjadi istri dari Presiden Negara Adidaya, Michelle Obama memiliki agenda yang sangat padat dan sibuk. Semua perjalanan dinas, kampanye program keluarga sehat, dan ditambah mengurus dua putri yang beranjak remaja, tak ayal membuat Michelle kelelahan luar biasa dan tak memiliki waktu untuk diri sendiri.

Namun, kesibukannya saat ini, menurutnya tidak ada apa-apanya ketimbang kehidupannya di waktu lalu. Saat melakukan wawancara dengan Jimmy Fallon, sang Ibu Negara Amerika Serikat mengutarakan sejumlah “dosa” yang pernah dia lakukan di masa lalu.

Salah satu “dosa” yang dimaksud oleh Michelle adalah tidak memiliki waktu untuk mengurus diri sendiri karena sibuk dengan dua anak dan mendukung karier suami di ranah politik.

“Seringkali, kita, wanita, bekerja terlalu keras untuk mengurus keluarga dan mengatur segala hal sehingga kita lupa bahwa kita juga harus memerhatikan diri sendiri,” ujar Michelle.

Kemudian, Michelle mengaku, dia sempat merasa sangat menderita dan kecewa pada diri sendiri karena semua hal dalam hidupnya menuntut untuk jadi yang prioritas.

“Saya ingat dulu ketika putri bungsu saya baru lahir, saya tidak sadar saya mengalami keletihan. Saya kurang tidur, menyusui tengah malam, mengganti popok, saya masih bekerja saat itu, dan di waktu bersamaan Barrack sedang memulai karier di dunia politik. Saya merasakan benar-benar luar biasa lelah,” kenangnya.

Kemudian, Michelle juga mengaku bahwa saat itu dia mengalami masa di mana dia tidak mandi berhari-hari dan sama sekali tidak punya waktu untuk berolahraga. Melihat Michelle yang kewalahan, sang ibu, Marian Shields Robinson, mengajaknya bicara.

“Ibu saya bilang, kalau saya tidak bisa mengurus diri sendiri, kesehatan tubuh dan kebersihan diri, bagaimana saya bisa mengurus keluarga. Ibuku berkata, ‘Michelle kamu tidak bisa mengerjakan banyak hal jika tubuhmu tak bisa mengandalkan kamu’. Saya merasa ibuku benar,” urainya.

Nasihat ibunya menjadi titik yang menyadarkannya bahwa dia juga harus peduli dengan kondisi diri dengan baik, jika ingin semua hal disekelilingnya juga berjalan baik.

“Saya merasakan susahnya menemukan keseimbangan antara karier dan keluarga. Namun, nasihat ibu mengingatkan saya untuk memastikan tubuh saya sehat agar keluarga saya sehat,” sebutnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com