Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2015, 07:44 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com –
Pergi ke salon untuk melakukan perawatan dengan spa merupakan satu dari sekian banyak cara wanita memanjakan dirinya. Namun, kesibukan di hari kerja kadang menimbulkan perasaan malas keluar rumah saat akhir pekan.

Sebetulnya, semua ritual perawatan tubuh itu bisa Anda hadirkan di rumah sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Anda bisa mencarinya di pasar terdekat. Atau, jika ingin lebih mudah, Anda bisa membelinya secara dalam jaringan (daring).

Beragam situs belanja daring, seperti Bukalapak misalnya, menyediakan beragam kebutuhan spa, seperti scrub tubuh, lilin aroma terapi, sampai steam sauna portable.

Nah, jika Anda berencana untuk spa di rumah, berikut beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan:

Siapkan kondisi rumah

Langkah pertama, rapikan satu sudut rumah Anda sebagai tempat melakukan perawatan ini. Kumpulkan semua alat yang dibutuhkan dalam satu tempat.

Putar musik dan nyalakan lilin aroma terapi untuk menciptakan suasana tenang. Jangan lupa, sediakan juga secangkir teh atau jahe hangat sebagai teman relaksasi diri.

Perawatan wajah

Anda bisa mulai memanjakan diri Anda dengan membersihkan wajah. Ini bisa dilakukan dengan pembersih riasan biasa. Lalu, gosok wajah perlahan dengan scrub pembersih untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Thinkstock Memakai masker wajah.

Setelah wajah bersih, oleskan masker untuk menutrisi dan mencerahkan kulit. Anda bisa membuat masker sendiri dengan air perasan lemon, alpukat atau madu.

Perawatan rambut

Sambil menunggu masker wajah kering, Anda bisa mulai perawatan rambut. Jika ingin mudah, racik masker rambut dari lidah buaya atau Anda bisa beli krim creambath kemasan.

Keramaslah sebelum memakai masker rambut, kemudian belah rambut menjadi beberapa bagian. Oleskan masker secara merata sambil memijat kepala untuk melancarkan peredaran darah.

Bungkus kepala Anda dengan handuk yang telah direndam air panas. Untuk jenis rambut normal diamkan selama 30 menit, sementara untuk rambut kering cukup 15 menit saja.

Perawatan tubuh

Lanjutkan ritual dengan melakukan lulur tubuh. Gosok lulur secara melingkar sampai kulit mati dan kotoran terangkat. Jika biasa melakukan ritual steam saat spa, Anda bisa siasati dengan membalutkan handuk yang telah direndam air panas pada tubuh. Siapkan setidaknya dua set handuk untuk tahapan ini.

Bilas tubuh dan relaksasi

Usai lulur, mandilah dengan air hangat dan bilas tubuh sampai bersih. Air hangat dipercaya dapat merenggangkan otot dan meredam penat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com