Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2015, 20:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Jika selama ini para ibu lebih banyak "bertugas" mendongeng untuk anak, ada baiknya malam ini coba menyerahkan rutinitas tersebut pada para ayah. Pasalnya, lewat sebuah penelitian terbaru dari Harvard University ternyata dongeng yang dibaca oleh para ayah memiliki manfaat lebih bagi anak-anak, terutama anak perempuan. Seorang peneliti, Elisabeth Duursma mengatakan, "Efeknya sangat besar, terutama jika ayah mulai membacakan berita bagi sang anak dibawah usia dua tahun."

Duursma berkata bahwa tugas mendongeng selama ini lebih banyak dilakukan oleh para ibu, padahal wanita dan pria memiliki cara membaca dongeng yang terbilang berbeda. Jika wanita atau ibu biasanya lebih menggurui sang anak saat membaca dongeng, seperti kalimat: "Berapa jumlah apel yang kau lihat?", maka para ayah memiliki cara yang berbeda untuk mengungkapkannya.

Ayah cenderung memancing imajinasi anak dengan diskusi imajinatif, bukan fakta seperti pertanyaan yang dilontarkan para ibu. Para ayah cenderung akan berkata, "Oh lihat, ada tangga. Kau ingat ketika ayah menaruh tangga di mobil ayah?"

Lewat memancing imajinasi anak dan berdiskusi, peneliti menemukan hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena lebih menantang secara kognitif dan membuat anak berpikir jauh lebih keras.

Ahli parenting, Justin Coulson menambahkan, "Ketika kita mendongeng untuk anak, maka kita memperbanyak kosa kata mereka. Kita menolong mereka untuk merasa aman dan hal ini dapat meningkatkan kapastitas mereka untuk belajar," ujar Coulson. Ia juga mengungkapkan bahwa mendongeng memberi manfaat lain yang berguna, yakni dapat meningkatkan kualitas hubungan anak dengan orangtua, meningkatkan nilai akademis anak serta membuat anak menjadi lebih bahagia.

Sayangnya, banyak orangtua yang belum menyadari pentingnya mendongeng. Satu diantara empat orangtua di Inggris tak pernah mendongengkan anaknya, paling banyak hanya satu kali dalam kurun waktu selama enam bulan. Mari mulai budayakan mendongeng untuk buah hati tercinta!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com