Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Merawat Kulit ala Astronot, Apa Saja?

Kompas.com - 29/09/2015, 11:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Ada yang mengatakan bahwa perubahan musim dan ketinggian suatu tempat akan berpengaruh terhadap berbagai masalah pada kulit. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa hidup di tengah-tengah mikrogravitasi akan mengakibatkan penuaan dini, penipisan kulit, perubahan elastisitas kulit, dan terhambatnya regenerasi sel kulit.

Badan Antariksa Nasional Amerika atau NASA memberikan beberapa rahasia perawatan kulit yang biasa dilakukan oleh para astronot yang harus bekerja dan hidup di ruang hampa dan gravitasi minim. Berikut uraiannya.

1. Ukur hidrasi kulit

Tidak banyak yang mengetahui bahwa para astronot memiliki kulit yang amat kering ketika mereka beraktivitas di ruang angkasa. Faktanya, sel-sel kulit dapat berubah kondisinya ketika berada di udara yang sangat tipis. Karena itu, penting bagi mereka untuk mengaplikasikan pelembab setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini pun dapat Anda lakukan meski Anda tidak beraktivitas di luar angkasa.

2. Kenali penyebab kulit stres

Selain kulit yang kering, NASA melaporkan bahwa kulit juga dapat menjadi korban dengan meningkatnya sensitivitas terhadap lingkungan. Dilatarbelakangi kondisi penuaan kulit akibat lingkungan ekstrem, seorang pakar kulit dr Filippo Ongaro bekerja sama dengan dua astronot dari Lembaga Antariksa Eropa menciptakan sebuah produk yang menghasilkan peningkatan 50 persen aktivitas sel dan dikhususkan untuk kulit yang stres.

3. Jangan lupakan serum

Selain sifatnya ringan, serum pun memiliki kekuatan untuk memperkaya nutrisi kulit dan ampuh digunakan di ruang angkasa. Seorang ahli bedah plastik kosmetik dr Yannis Alexandrides bekerja sama dengan ilmuwan antariksa untuk menciptakan sebuah serum yang diberikan kepada para astronot untuk melindungi kulit mereka. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan serum yang mengandung glutathione yang membantu melawan tanda-tanda penuaan dan membantu kulit memperbaiki dirinya.

4. Gunakan sarung bantal mengandung tembaga

Sarung bantal yang bahannya mengandung campuran tembaga dinyatakan bermanfaat bagi kulit, di antaranya membantu mengatasi jerawat, mencegah beragam masalah kulit, membantu produksi kolagen, dan sebagainya. Sarung bantal ini telah lulus uji yang dilakukan NASA dan dinyatakan aman untuk merawat kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com