Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2015, 13:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Masalah bibir pecah-pecah sering kali membuat kaum wanita merasa gusar. Tidak hanya bibir menjadi terlihat kasar, bibir pecah-pecah pun mampu membuat lipstik atau pemulas bibir tidak teraplikasi dengan baik dan merata. Lalu, bagaimana sebenarnya langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah?

"Cara terbaik untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah tentu saja adalah menghindari kondisi yang menyebabkan masalah tersebut. Akan tetapi, sayangnya kondisi itu hadir karena beberapa faktor, seperti cuaca, paparan sinar matahari, dan angin hingga membuat bibir menjadi kering, pecah, dan mampu menimbulkan alergi serta bau mulut tidak sedap," ujar praktisi kesehatan, Andrew Weil MD.

Selain mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Berikut uraiannya.

1. Berhenti menjilat dan membasahi bibir

Salah satu kebiasaan yang membuat kondisi bibir pecah-pecah bertambah parah adalah rutin menjilat atau membasahinya. Ketika air liur mengering dan menguap, hilanglah minyak alami yang ada pada bibir Anda. Ketimbang menjilat atau menggigit bibir Anda, kembalikan kelembaban bibir dengan mengaplikasikan pelembab berbahan alami dan hipolargenik, seperti madu, minyak almon, dan minyak kelapa.

"Apabila bibir menjadi luka dan menimbulkan masalah lebih lanjut, gunakan lip balm yang mengandung bahan alami kunyit. Sebab, kunyit adalah bahan alami untuk mengobati infeksi dan luka," ujar Weil.

2. Gunakan minyak zaitun

Untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah, lembabkan bibir dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan anti-peradangan, anti-oksidan, dan pelembab. Aplikasikan minyak zaitun setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk melembutkan, melubrikasi, dan melembabkan bibir. Setelah itu, seketika bibir Anda pun akan terasa lebih baik. Namun, dibutuhkan beberapa hari untuk mengobati kondisi bibir pecah-pecah secara optimal.

3. Gunakan kantung teh

Siapa sangka, ternyata kantung teh celup pun mampu mengatasi bibir pecah-pecah. Caranya, tekan-tekan kantung teh celup jenis black tea pada bibir Anda selama kurang lebih 30 detik dan ulangi setiap tiga hingga lima kali dalam seminggu. Kandungan zat antioksidan polyphenol pada teh akan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi kulit.

4. Hilangkan sel kulit mati

"Menghilangkan sel kulit mati dengan menggosoknya adalah langkah awal yang baik untuk mengatasi bibir pecah-pecah," tutur Elizabeth Tanzi, Direktur Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery di Amerika Serikat. Caranya, setelah Anda menyikat gigi, hilangkan kulit-kulit kering dengan menyikat bibir Anda dengan sikat gigi. Tanzi menyarankan, lindungi bibir dengan mengaplikasikan pelembab berupa lip balm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com