Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2015, 18:57 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Skenario bangun kesiangan, terlambat berangkat kerja, tapi tak sempat cuci rambut sehingga rambut terlihat lepek dapat terjadi pada siapapun.

Apabila Anda pernah atau sering mengalami situasi serupa, sebenarnya ada beberapa cara efektif untuk “menyulap” rambut terlihat tetap segar. Berikut 7 strategi membuat rambut tampak bervolume dan indah meski tidak sempat keramas:  

1. Jangan disisir
Hal pertama yang wajib Anda hindari adalah menyisir rambut. Dengan menyisir rambut justru mendistribusikan minyak pada kulit kepala ke seluruh bagian rambut sehingga membuatnya tambah lepek.

2. Taburkan bedak bayi
Ini adalah cara termudah untuk mengurangi minyak pada kulit kepala dan rambut, yakni menaburkan bedak bayi lalu menggosoknya pada rambut.

3. Gosok kulit kepala dengan minuman beralkohol
Alternatif lain selain bedak bayi masih sangat banyak, alkohol salah satunya. Celupkan jari ke minuman beralkohol kemudian oleskan ke rambut. Rambut Anda akan nampak lebih mengilap dan bersih. Namun, ingat, jangan dioles ke kulit kepala karena akan terasa panas.

4. Cuka apel
Selain membersihkan rambut, memberi kilau alami, cuka apel juga memiliki harum yang menyegarkan. Sama seperti minuman beralkohol, oleskan ke bagian rambut Anda.

5. Air jeruk lemon
Peras lemon pada permukaan tangan kemudian oleskan ke rambut dan kulit kepala, lalu pijat-pijat. Rambut akan lebih mudah diatur dan harum.

6. Tata dengan rapi
Usai menerapkan salah satu cara tersebut di atas.Sekarang, saatnya Anda menata rambut dengan rapih. Tatanan kuncir kuda, atau kepang sederhana sangat membantu menyembunyikan rambut yang kotor. Hindari tatanan rambut cepol karena akan membuat tampilan rambut menjadi lebih kusut dan tak sedap dipandang.

7. Pakai topi
Untuk mengakali rambut kotor, Anda dapat mengenakan topi. Namun ingat, mengenakan topi dibawah terik matahari dapat membuat rambut menjadi tambah lepek dan terlihat kusam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com