Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Busana Muslimah, Perancang Thailand Harus Banyak Belajar dari Indonesia

Kompas.com - 01/10/2015, 13:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -- Bangkok International Leather Fair (BIFF & BIL) kembali bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week (JFW) 2015 untuk menunjukkan karya para perancang busana dari masing-masing negara.  Rencananya, Indonesia dan Thailand akan mengirim dua orang perancang busana yang akan menampilkan sejumlah koleksi di panggung runaway JFW, November mendatang, dan BIFF & BIL 2016.

Untuk Indonesia, akan ada dua orang perancang muda yakni Norma Hauri dan 8eri. Norma adalah seorang perancang busana muslim dengan garis rancangan yang tekenal feminin serta elegan. Warna pastel adalah ciri khas dari busana rancangan Norma. Tak hanya koleksi siap pakai, Norma juga terkenal andal merancang busana pengantin muslimah. 

Selanjutnya, 8eri sebenarnya adalah nama label busana dari desainer Eri Dani. Namun, kebanyakan orang lebih akrab dengan nama 8eri.  Desainer muda ini terkenal dengan koleksi busana beraksen tumpuk. Kelihaian Eri dalam merancang busana memang patut diperhitungkan. Pasalnya, Eri terbukti piawai merancang busana siap pakai dan juga busana muslim.

Chief of Fashion Group Department Promosi Perdagangan International Thailand, Natchathorn Manopanjasiri, ditemui pada acara roadshow BIFF & BIL di Hotel Intercontinental Jakarta Midplaza (29/9/2015), mengatakan bahwa Thailand masih harus banyak belajar merancang busana muslim pada Indonesia.

"Saya mengakui bahwa busana muslim di Indonesia jauh lebih berkembang daripada di Thailand, dan kami masih harus belajar banyak dari Indonesia," ujar Manopanjasiri. Dia mengungkapkan bahwa di Thailand sendiri ada pasar busana muslim yang belum terpenuhi. Sebanyak 20 persen penduduk muslim masih terus mencari busana muslim yang sesuai syariah Islam tapi juga kaya sentuhan modern.

Tak heran bila tiap tahunnya, ada desainer busana muslim yang tampil pada panggung BIFF & BILL. Dua tahun belakangan, desainer Dian Pelangi dan Jenehara yang berkesempatan untuk memperkenalkan karyanya di Negeri Gajah Putih tersebut. Kali ini, Norma Hauri serta Eri yang akan menampilkan kebolehannya merancang busana muslim terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com