Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Hadir Sabun Cair Khusus untuk Mencuci Batik dengan Tepat

Kompas.com - 02/10/2015, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Batik adalah salah satu kain warisan leluhur  yang dibuat dengan beragam zat pewarna tradisional. Para perajin membuat batik dengan penuh ketekunan, kreativitas, dan kecermatan. Oleh sebab itu, mencuci kain atau busana batik tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan metode khusus.

Selama ini, banyak orang menggunakan cairan lerak yang berasal dari buah lerak untuk mencuci kain batik. Sebab, mencuci kain batik semestinya tidak boleh menggunakan deterjen dan harus dicuci dengan tangan, bukan mesin cuci. Tujuannya adalah agar warna kain tidak mudah pudar dan tidak mudah rusak.

Namun, kini telah hadir inovasi baru sabun cair modern yang khusus digunakan untuk mencuci kain dan busana batik. Attack Batik Cleaner diformulasikan secara khusus oleh tim research and development Kao di Jepang dengan bahan aktif yang berasal dari tumbuhan alami, sehingga kain batik tetap terjaga keindahannya.

"Attack Batik Cleaner sudah ada sejak tahun 2010. Attack Batik Cleaner adalah sabun cair khusus untuk mencuci kain batik dan kain halus sejenis lainnya. Batik perlu dijaga dan tidak boleh dicuci menggunakan deterjen. Attack Batik Cleaner menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan," jelas Gareth Joshua, perwakilan dari PT Kao Indonesia pada konferensi pers Attack Batik Cleaner di Retro Cafe Menara Bidakara, Rabu (30/9/2015).

Gareth menjelaskan, cara mencuci kain batik dengan Attack Batik Cleaner adalah larutkan satu atau dua sendok teh cairan sabun ini ke dalam air. Kemudian, rendam kain batik, cuci dengan lembut, dan bilas hingga bersih. Kain batik sebaiknya tidak dicuci dengan cara dikucek karena akan merusak kain.

Setelah dibilas, peras kain batik dari atas ke bawah secara perlahan dan jangan dilakukan dengan terburu-buru. Cara ini harus dilakukan dengan benar agar warna kain tidak mudah pudar. Setelah itu, jemur kain batik dengan menggunakan sebatang bambu atau alat penjemur pakaian lainnya yang memungkinkan kain tidak saling bersentuhan di kedua sisinya. Menjemur kain batik pun tak boleh terkena sinar matahari langsung dan cukup diangin-anginkan.

"Pastinya Attack Batik Cleaner adalah salah satu cara mencuci modern untuk kain batik. Menggunakan lerak mungkin baunya dirasa kurang enak atau caranya sedikit lebih sulit. Dengan sabun ini lebih mudah, produk mudah diperoleh, dan cara mencucinya lebih modern," tutur Gareth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com