Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2015, 10:11 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Selama ini Andien Aisyah dikenal sebagai penyanyi yang sering tampil mengenakan busana batik, baik di panggung, pemotretan, serta kehidupan sehari-hari.  Andien gemar mengenakan batik dalam balutan busana yang modern dan padanan lain yang menarik.

Memperingati Hari Batik Nasional, Andien bercerita mengenai kegemarannya dalam mengenakan batik, "Saya sempat mengalami masa di mana batik hanya dipakai oleh ibu bapak saya," ujar Andien. Lalu, ketika akhirnya dia tumbuh dewasa dan berkecimpung di dunia hiburan yang dekat dengan dunbia mode, Andien mulai mencari dan ingin mengenal batik lebih dalam lagi.

"Sampai tiba saatnya saya tahu kalau bagaimana susahnya membuat batik dan bagaimana perajin batik tidak punya penerus karena generasi mudanya memilih pekerjaan lain," ujar wanita kelahiran 1985 ini. "Saya akhirnya tahu arti dilosofi batik setelah bergaul dengan orang banyak," imbuhnya.

Andien mengatakan, tiap kali dirinya berkunjung ke daerah di luar Jakarta, dia pasti akan menyempatkan diri mengobrol bersama penduduk setempat dan bertanya tentang kain lokal khas daerah tersebut. "Saya melihat batik sebagai karakter sesungguhnya bangsa Indonesia yang di negara lain tidak ada," ucap Andien. 

Untuk generasi muda, Andien berpesan, "Jangan malu untuk pakai batik, karena batik itu adalah karakter dan kultur bangsa. Karakter dan kultur tidak berbanding lurus dengan modernitas. Modernitas itu adalah pola pikir dan perilaku kita," ucap Andien saat di acara Fimelafest-Batik Fashion Week, Jumat (1/10/2015), Restaurant Kembang Goela, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com