Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2015, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Alvin Dwipayana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Munculnya selulit di beberapa area tubuh dipandang cukup meresahkan karena dapat mengganggu kepercayaan diri dan penampilan. Nah, ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan selulit. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada sebagian orang yang menghilangkan selulit dengan menggunakan kopi?

Ya, ada pandangan bahwa ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk mengeliminasi selulit. Sehingga, banyak orang yang mencobanya sendiri di rumah dan hadir pula beragam produk kecantikan yang mengandung kopi yang diyakini mampu menghilangkan selulit. Akan tetapi, apa benar kopi ampuh menghilangkan selulit pada tubuh Anda?

"Selulit adalah ikat fibrosa yang berada dari bagian atas lapisan kulit hingga ke lapisan lemak, tertarik ke bawah. Ikat-ikat ini harus dipotong untuk menghilangkan selulit," ujar dr Mona Gohara, seorang dokter spesialis kulit.

Sehingga, dari penjelasan dr Gohara tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan ampas kopi untuk mengurangi dan menghilangkan selulit tidak dapat dilakukan secara optimal. Dengan kata lain, cara ini hanya akan menghilangkan selulit secara temporer. Caranya adalah dengan menggosokkan ampas kopi pada kulit layaknya perawatan kulit dengan scrubbing.

"Kafein akan menstimulasi pelebaran sementara gerakan menggosok akan meningkatkan sirkulasi, menepuk-nepuk kulit dan akhirnya membuat selulit terlihat lebih samar. Ditambah lagi, ampas kopi mengandung antioksidan, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen," ungkap Gohara.

Menurut Gohara, efek pasca-perawatan selulit dengan ampas kopi tersebut dapat bertahan sekitar seminggu. Sehingga, cara ini akan sangat bermanfaat apabila Anda harus segera pergi berlibur ke pantai atau mengenakan busana yang menampilkan bagian tubuh dan terdapat selulit. Selain itu, aroma kopi yang khas pun akan memberikan kesegaran tersendiri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com