Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum "Jadian", Ungkap Karakter Si Dia dari Tipe Bentuk Wajah

Kompas.com - 06/10/2015, 07:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda, seperti bulat, oval, persegi, bentuk hati, dan sebagainya. Untuk mengaplikasikan tata rias, Anda harus memperhatikan riasan yang sesuai untuk bentuk wajah Anda. Namun, tahukah Anda bahwa bentuk wajah pun dapat menguak kepribadian Anda yang sesungguhnya?

"Bentuk wajah Anda dapat mengungkapkan kepribadian dasar dan pendekatan keseluruhan Anda terhadap kehidupan," ujar Jean Haner, pakar baca wajah dan penulis buku berjudul The Wisdom of Your Face.

Memang, tidak semua orang memiliki bentuk wajah yang jelas terlihat, tapi tidak sedikit orang yang memiliki bentuk wajah yang dapat dikenali dengan jelas. Haner mengungkapkan bentuk-bentuk wajah yang paling umum dan dapat diketahui kepribadiannya berdasarkan studi yang dilakukannya terhadap 3.000 wajah, berdasarkan teknik baca wajah dalam ilmu kedokteran Tiongkok. Berikut uraiannya:

1. Bentuk wajah persegi panjang
Bentuk wajah ini terlihat jelas berbentuk kotak di dahi dan dagu. Menurut Haner, orang berbentuk wajah ini biasanya menghargai logika dan pemikir yang baik, tapi terkadang terlalu fokus memikirkan satu hal.  Mereka biasanya perencana dalam beberapa hal, tidak terbuka tentang perasaan, tapi berolahraga secara rutin.

2. Bentuk wajah bulat
Haner menjelaskan, orang dengan bentuk wajah bulat adalah orang yang dermawan, rendah hati, dan selalu mendahulukan orang lain. Namun, buruknya adalah karena cenderung memprioritaskan kebutuhan orang lain, jadi mereka tidak memperoleh apa yang dibutuhkan dalam hubungan. Tipe kepribadian ini biasanya akan menarik orang-orang yang bersifat narsis.

3. Bentuk wajah serupa berlian
Bentuk wajah ini melebar di bagian tengah dan meruncing di dahi dan dagu. Haner mengungkapkan, orang berbentuk wajah ini senang untuk memegang kendali. Selain itu, mereka juga berorientasi pada detail sehingga hasil kerjanya pun berkualitas. Dia pun dapat mengelola kata-kata dan berkomunikasi dengan baik. Namun hati-hati, jika perlu, mereka  juga bisa menolantarkan kata-kata tajam.

4. Bentuk wajah oval
Menurut Haner, orang yang memiliki bentuk wajah oval selalu mengetahui hal yang tepat untuk dibicarakan, sehingga mereka bisa membuat seseorang merasa diterima dan nyaman. Namun, terkadang mereka terlalu fokus dengan mengatakan hal-hal yang benar saja.

5. Bentuk wajah kotak
Bentuk wajah ini dapat dikenal karena memiliki karakteristik garis rambut dan garis rahang yang lebar. Orang berwajah bentuk kotak biasanya adalah orang yang senang beraktivitas fisik dan mengerjakan proyek besar karena memiliki stamina yang besar.

6. Bentuk wajah hati
Bentuk wajah hati biasanya memiliki dahi yang lebar dan dagu yang sempit. Orang berwajah bentuk hati memiliki kekuatan diri yang luar biasa namun kadang keras kepala karena pola pikir mereka kuat. Mereka pun kuat dan gesit, bukan karena stamina namun kekuatan diri mereka. Jadi, bila mereka memiliki tujuan, mereka akan melakukan apapun untuk mencapainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Redbook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com