Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Seorang wanita di India baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki dengan berat mencapai 5,9 kilogram. Kelahiran bayi tersebut mencatat rekor terbaru sebagai bayi paling berat yang lahir di India.

Goga Bai (30) dari Rajasthan, India utara, melahirkan bayi besarnya tersebut melalui proses caesarean section (C-section) pada Kamis, 1 Oktober 2015 lalu, di rumah sakit distrik Shri Ganganagar.

Dr Anamika Agarwal, salah satu dari empat dokter yang membantu kelahiran bayi ini, mengatakan bahwa ukuran bayi yang amat besar merupakan kejutan bagi Goga Bai dan sang suami, Ravinda Kumar (28).

"Bayi dan ibunya dalam keadaan baik dan sehat. Dia benar-benar adalah bayi terbesar di negara ini. Berat bayi normal yang baru lahir di India rata-rata adalah antara 2,5 kilogram sampai 3,5 kilogram. Awalnya bayi ini mengalami masalah bernapas, tapi sekarang sudah baik-baik saja. Dia masih berada dalam observasi konstan," ungkap dr Agarwal.

Menurut dr Agarwal, kondisi berat badan bayi tersebut saat baru lahir dapat dikaitkan dengan penyakit diabetes yang diderita oleh sang ibu.

Dr Agarwal menjelaskan, Goga Bai adalah seorang diabetisi atau penderita diabetes dan berat badannya mencapai sekitar 100 kilogram.

"Dalam kasus di mana sang ibu menderita obesitas dan diabetes, ada risiko bahwa sang anak akan mengalami kelebihan berat badan. Meskipun tidak terjadi anomali kongenital pada bayi ini, kami tetap mengobservasi bayi dan ibunya serta akan mengizinkan mereka pulang setelah seminggu," tutur dr Agarwal.

Sebelumnya, sudah pernah ada bayi yang tercatat dalam daftar rekor dunia Guiness World Record. Bayi terbesar yang tercatat dalam rekor dunia tersebut berasal dari Italia yang berjenis kelamin laki-laki dengan berat badan mencapai 10,2 kilogram. Dia lahir pada bulan September 2015 dan sang ibu dalam keadaan sehat, tidak menderita diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com