Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keramas Malam atau Pagi Hari, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 07/10/2015, 09:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Semua orang tentu memiliki rutinitas yang berbeda. Begitu pula dengan rutinitas mencuci rambut. Ada yang lebih senang keramas di pagi hari sebelum memulai aktivitas, ada pula yang lebih gemar keramas di malam hari usai beraktivitas. Sebenarnya waktu keramas manakah yang tepat?

Lebih baik keramas di pagi hari jika,

1. Kulit kepala berminyak
"Keramas di pagi hari akan lebih baik bagi yang memiliki kulit kepala berminyak, karena minyak diproduksi pada malam hari dan keramas di pagi membersihkannya," ujar internis asal New York, Holly Phillips, MD,

2. Pekerja kreatif
Dosen psikologi Harvard, Shelly Carson, berkata bahwa keramas mirip seperti meditasi. Ada gelombang alpha yang membuat otak menjadi santai saat keramas, dan dapat memberikan ide cemerlang untuk pekerjaan Anda.

3. Susah bangun di pagi hari
Jika Anda orang yang sangat sulit bangun tidur dan mudah mengantuk, keramaslah di pagi hari. Studi menunjukkan bahwa keramas di pagi hari dapat membuat seseorang lebih mawas diri, dan meningkatkan metabolisme.

4. Gemar berolahraga di pagi hari
Tentunya setelah berolahraga seseorang butuh mandi untuk memebrsihkan diri.

Lebih baik keramas di malam hari jika,

1. Susah tidur
Kebalikannya dengan keramas di pagi hari, maka keramas di malam hari membuat seseorang lebih mudah tidur. "Sensasi dingin setelah mandi membuat tidur menjadi lebih mudah dan alami", ujar Christopher Winter, M.D dari the sleep center at Martha Jefferson Hospital.

2. Kulit bertipe kering
Dermatologis Tanya Kormeili, MD., mengatakan bahwa mandi serta keramas di pagi hari tak dianjurkan untuk orang yang memiliki tipe kulit kering serta mengidap eczema. Oleh karena itu keramas  malam hari lebih dianjurkan untuk orang dengan tipe kulit kering.

3. Pekerjaan sepanjang hari di udara tebuka
Tentunya Anda tak ingin tidur dengan debu, polusi, serta kotoran rambut lain yang menempel dari aktivitas Anda di luar ruang. Kotoran tersebut juga berpengaruh pada kebersihan seprai dan wajah Anda.

4. Olahraga di sore hari
Anda tentu tak ingin tidur dengan wajah dan tubuh bekas keringat dari kelas olahraga Anda di sore hari bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com