Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rintis Karier Model di Inggris, Ayu Gani Tak Punya Banyak Saingan

Kompas.com - 08/10/2015, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Model asal Indonesia yang menjadi juara pertama dalam ajang Asia's Next Top Model, Ayu Gani, kini tengah meniti kariernya sebagai model profesional di Inggris. Sebagai seorang model yang berasal dari benua Asia, khususnya Indonesia, bagaimana persaingan yang harus dihadapi Ayu dengan para model lainnya di sana?

Menurut Ayu, ternyata persaingan antar model di Inggris tidak seketat yang dibayangkan. Pasalnya, sudah ada segmentasi untuk masing-masing model, misalnya khusus model Kaukasia, model Asia, dan sebagainya. Jadi, setiap model akan memperoleh pekerjaan sesuai dengan permintaan dari klien atau rumah mode.

"Saya kalau sedang casting tidak merasa ada saingan, karena saya orang Asia. Jadi, mereka membedakan mana model Kaukasia, mana model Asia dan sebagainya. Model Asianya cuma sedikit, jadi pekerjaan pasti ada, khususnya kalau klien khusus mencari model Asia," ungkap Ayu ketika berbincang dengan wartawan di sela-sela peluncuran lini kolaborasinya dengan Minimal di Blue Jasmine, Rabu (7/10/2015).

Segmentasi tersebut pun membuat Ayu tidak merasa kecil hati karena kompetisi. Menurut dia, persaingan yang ketat di antara para model justru terjadi di Indonesia, di mana klien atau rumah mode pasti akan mencari model asal Indonesia. Namun, hal demikian tidak terjadi di Inggris.

Ayu mengaku dirinya sempat merasa sedih lantaran melewatkan kesempatan untuk menjajal lantai peraga ajang mode bergengsi dunia, Pekan Mode London atau London Fashion Week. Bagaimana tidak, impian semua model adalah berkesempatan berjalan di lantai peraga pekan mode kenamaan dunia. Namun, Ayu harus kembali ke Indonesia untuk menjalani kegiatan sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati.

"Saya sedih sekali, karena semua model pasti ingin berjalan di pekan mode. Akan tetapi, saya sadar bahwa acara ini sangat penting karena menyangkut Asia's Next Top Model. Saya berusaha untuk bertanggung jawab dengan kontrak yang sudah ada," tutur Ayu.

Realita kehilangan kesempatan untuk menjajal lantai peraga London Fashion Week, Ayu mengaku tidak patah semangat. Dalam waktu dekat, dia mengaku akan mengikuti audisi untuk menjajal lantai peraga pekan mode kenamaan dunia lainnya, seperti Paris Fashion Week dan Milan Fashion Week serta London Fashion Week untuk musim berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com