Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Atur Porsi agar Tamu Pesta Pernikahan Tidak Kehabisan Makanan

Kompas.com - 11/10/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Setiap pasangan calon pengantin tentu ingin menghelat pesta pernikahan yang impresif, romantis, dan meninggalkan memori positif bagi para sahabat, keluarga, serta tamu lainnya. Salah satu cara untuk mewujudkan impian tersebut adalah dengan menyajikan ragam hidangan yang lezat sehingga para tamu dapat menikmati pesta pernikahan.

Namun, terkadang jumlah porsi hidangan yang disajikan tidak sesuai dengan jumlah tamu yang hadir. Akibatnya, tidak jarang hidangan-hidangan yang disajikan sudah habis ketika banyak di antara para tamu yang belum sempat menyicipinya. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh para pasangan calon pengantin?

"(Pasangan calon pengantin) harus memastikan bahwa (jumlah porsi) hidangan yang disajikan antara tiga sampai tiga setengah kali lipat dari jumlah tamu yang datang. Jadi, misalnya jumlah tamu yang diundang ada 1.000 orang, maka jumlah porsi yang dihidangkan sebaiknya 3.000 porsi," terang Lukman Hakim, General Manager Umara Catering dalam acara bincang-bincang pada pameran pernikahan Bride's Day Out di Grand Indonesia Shopping Town, Jumat (9/10/2015).

Lukman menjelaskan, keseluruhan jumlah porsi yang disiapkan, pasangan calon pengantin dapat membaginya menjadi dua, yakni hidangan untuk buffet dan food stall atau gubukan. Adapun persentasenya dapat dibagi dua pula, yakni misalnya 60 persen untuk buffet dan 40 persen untuk gubukan.

Terkait pilihan menu hidangan saat pesta pernikahan, Lukman memaparkan, hingga saat ini ragam hidangan Indonesia masih menjadi pilihan teratas di kalangan calon pengantin. Selain itu, menu hidangan yang juga digemari oleh calon pengantin adalah hidangan oriental dan hidangan Barat. "Untuk tahun 2015 ini menu-menu masakan Indonesia masih menjadi nomor 1. Kedua, menu oriental atau Western, itu porsinya cuma 30 persen," imbuh Lukman.

Lukman menyarankan, cara memilih menu hidangan yang akan disajikan pada pesta pernikahan adalah membaginya menjadi dua, yakni 60 persen untuk hidangan yang disajikan di buffet. Sementara itu, 40 persen sisanya adalah hidangan-hidangan pilihan yang disajikan di gubukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com