Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik Jazz, Solusi Dapatkan Tubuh Lebih Langsing

Kompas.com - 11/10/2015, 20:17 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com – Apa yang sudah Anda upayakan untuk menurunkan berat badan? Olahraga, diet, puasa berkala, atau menghindari jenis makanan tertentu? Sekarang, ada strategi baru untuk menurunkan berat badan. Penasaran? Berikut uraiannya.

Menurut penelitian yang dilakukan di Cornell University, New York, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa penerangan ruang yang temaram dan alunan musik jazz, efektif untuk menjaga asupan kalori pada orang-orang yang hobi makanan cepat saji.

Latar belakang saat sedang makan, ditemukan bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang. Nah, atmosfir ruangan dengan penerangan temaram dan iringan musik jazz yang biasa Anda temui di restoran fine dining, menurut penelitian, bisa mengurangi nafsu makan sehingga asupan kalori pun tetap terjaga seimbang.

Alunan musik jazz yang menangkan membuat otak Anda berada pada tahap rileks. Alhasil, kondisi ini bisa mencegah keinginan untuk makan lebih banyak.

Hasil penelitian yang dipimpin oleh Brian Wansink, Eating Behaviourist, Cornell University, ini bisa menjadi solusi masalah obesitas yang diderita banyak orang di dunia, terutama di Negeri Paman Sam tersebut.

Para peneliti menganjurkan seluruh pemilik restoran cepat saji untuk menyalakan musik jazz kepada para pengunjung, tetapi tentunya hal ini tidak mudah. Sebab, jumlah pesanan makanan dengan porsi lebih kecil, bisa berujung pada penurunan profit.

Terakhir, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Reports ini menguraikan bahwa orang yang mengonsumsi jenis makanan cepat saji sembari mendengarkan musik jazz, jumlah kalorinya 18 persen lebih rendah ketimbang mereka yang makan dengan situasi gaduh dan musik hingar bingar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com