Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Poni Bisa Sebabkan Wajah Berjerawat

Kompas.com - 12/10/2015, 15:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kaum wanita, kulit wajah yang berjerawat merupakan hal yang mampu menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu penampilan. Terkadang jerawat muncul karena kebiasaan yang sering dilakukan untuk menjaga penampilan dan kecantikan.

Mengutip situs Good Housekeeping, beberapa kebiasaan yang dilakukan para wanita malah menyebabkan timbulnya jerawat. Berikut uraiannya.

1. Memiliki poni
Bukan masalah gaya rambut Anda, tapi apabila Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda harus sering mencuci wajah agar minyak tidak menyebar ke seluruh bagian dahi. "Hindari juga menata poni dengan jari Anda. Ini hal yang tidak boleh dilakukan dan dapat memicu timbulnya jerawat," ujar Dr Ava Shamban, seorang dokter spesialis kulit.

2. Menggunakan tabir surya untuk tubuh pada wajah
Mengaplikasikan tabir surya setiap hari merupakan langkah yang baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, perlu diperhatikan bahwa tabir surya untuk tubuh tidak boleh diaplikasikan pada wajah.

"Tabir surya untuk tubuh tidak diformulasikan untuk kulit wajah yang lebih lembut. Tabir surya ini seringkali mengandung minyak mineral yang dapat menyebabkan jerawat dan tersumbatnya pori-pori," jelas Dr Annie Chiu, seorang dermatolog dan pakar jerawat.

3. Tidak menggunakan kondisioner rambut yang tepat
"Apabila Anda seringkali menemukan jerawat di sekitar garis rambut, kemungkinan ini terjadi karena kondisioner Anda mengandung bahan oklusif yang menyebabkan pembentukan jerawat," terang dr Chiu.

Bila Anda memiliki kulit yang rentan akan timbulnya jerawat, dr Chiu menyarankan agar Anda menghindari produk yang mengandung lilin lebah, talc, minyak mineral, petrolatum, minyak kelapa, lanolin, dan isopropyl myristate. Intinya, bacalah label produk dengan cermat sehingga Anda dapat terhindar dari risiko timbulnya jerawat.

4. Mengaplikasikan riasan dengan kuas kotor
Mengaplikasikan riasan memang merupakan hal wajib bagi kaum wanita sebelum beraktivitas. Namun, tidak sedikit wanita yang tidak memperhatikan kebersihan kuas atau aplikator riasan. "Jika Anda tidak mencuci kuas secara rutin, maka Anda akan menyebarkan bakteri dan kotoran dari wajah ke produk rias, kemudian kembali lagi ke wajah," tutur Laramie, seorang penata rias profesional.

5. Tidur dengan sarung bantal yang kotor
Tidak hanya rutinitas kecantikan, produk rias dan sampo yang harus Anda perhatikan, namun juga sarung bantal dan seprai Anda. Sebaiknya, cucilah sarung bantal setiap dua minggu sekali. Di samping itu, perhatikan juga topi atau syal yang biasa Anda kenakan, karena bisa menyebarkan bakteri ke kulit Anda juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com