Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2015, 17:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com  - Siapa bilang ritual mencukur bulu kaki hanya dilakukan oleh kaum wanita? Kini, semakin banyak  kaum pria yang mencukur bulu kaki mereka. Bagi para pesepeda dan perenang, mencukur bulu kaki akan mempengaruhi penanganan cedera atau aerodinamika. Lalu, bagaimana dengan para pria lainya?

"Kebanyakan pria tidak tertarik untuk mencukur seluruh bulu kaki mereka, tapi mereka akan sedikit mengguntingnya untuk penampilan dan kebersihan. Hanya agar bulu kaki tidak panjang, lebih beraturan, dan tidak tumbuh lebat. Ini seperti semacam situasi pengaturan bulu," ujar Aaron Marino, konsultan penampilan pria di Atlanta, Amerika Serikat.

Menurut Marino, kebiasaan mencukur bulu kaki di kalangan pria adalah murni untuk alasan estetika. Dalam dunia kebugaran, bukanlah hal yang tabu ketika para pria mencukur bulu pada tubuh mereka. Marino menuturkan, mencukur bulu akan memberikan kesan bersih dan bentuk tubuh yang lebih terdefinisi.

Untuk menghilangkan bulu kaki, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Mencukur bulu dengan pisau cukur biasa dapat dilakukan dengan nyaman dan mudah. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengaplikasikan gel khusus untuk mencukur bulu dan pisau cukur yang baik.

Untuk menghindari luka teriris pisau cukur, pastikan mata pisau berada pada posisi paralel dengan permukaan lantai. Dengan kata lain, cukurlah bulu kaki dimulai dari pergelangan kaki kemudian mengarah ke atas ke bagian paha. Posisikan lutut tetap lurus agar pisau cukur lebih mudah meluncur.

Selain mencukur dengan pisau cuku, rutinitas mencukur bulu kaki juga dapat dilakukan dengan waxing atau mencabut bulu. Dengan waxing, maka hasilnya akan lebih bertahan lama dan menyeluruh ketimbang mencukur, meskipun lebih menyakitkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com