Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2015, 06:58 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Tren busana perempuan terus berubah dari waktu ke waktu, tak mengecualikan gaya berbusana ketika beraktivitas di kantor. Kini, busana kerja bahkan tak lagi formal, tetapi sudah memberi ruang untuk padu padan corak kasual bagi penampilan yang lebih segar.

Bagaimana kiatnya agar busana kerja tak terlihat terlalu formal? Berikut ini sejumlah trik bisa dipakai untuk mewujudkannya:

Bahan jins

Celana jeans merupakan salah satu fashion item yang boleh dikatakan "tidak ada matinya”, termasuk untuk kaum hawa. Walaupun terkesan kasual, busana ini tetap bisa disesuaikan agar terlihat formal dan tetap modis. Anda cukup memadukannya dengan busana lain, lalu tambahkan tambah aksesoris.

Pilihan jins warna hitam atau biru bisa dipasangkan dengan atasan blazer dan outfit seperti kaos. Sepatu flat berbahan kanvas ataupun kulit bisa menjadi pasangan yang pas sebagai alas kakinya. Kalau ingin lebih modis, dapat pula dipilih sepatu boot berhak.

Gaun

Busana ini populer dikenakan para wanita untuk menghadiri pesta. Kesan mewah dan feminin melekat kepadanya. Namun, gaun juga bisa dipakai menjadi busana kerja, ketika dipadukan dengan busana lain yang berkesan lebih ringan.

Untuk menghilangkan kesan mewah, gaun untuk busana kerja sebaiknya dipilih yang simpel, misalnya shift dress,chambray dress, atau silk dress berwarna kalem. Lalu, kenakan blazer yang sesuai untuk melengkapinya.

High heels ataupun wedges bisa menjadi perpaduan cocok untuk dress.  Namun, jika ingin lebih santai maka flat shoes dapat menjadi alternatif. 

Jumpsuit

Jumpsuit merupakan busana terusan yang cukup populer di era 80-an. Kini, busana itu kembali populer sebagai busana kasual. Jenis busana ini dikenal pula dengan sebutan overall yang berkesan sporty sekaligus retro.

Untuk jumpsuit dengan kerah v-neck, blazer dan high heels bisa menjadi paduan yang pas. Kesan feminin, kasual, tetapi tetap formal, menjadi hasilnya, yang bahkan cocok menjadi busana untuk berbagai aktivitas seperti meeting atau bertemu klien.

Teknologi

Peranti berteknologi tinggi kini juga jamak menjadi salah satu pernak-pernik penyempurna busana. Desain yang berkelas dari gawai, misalnya, bisa menjadi padu padan pakaian, termasuk untuk busana kerja. Warna yang matching antara gadget dan busana bisa menjadi pilihan Anda. 

Samsung Galaxy Tab S2 adalah salah satu peranti yang masuk kategori fashionable tersebut. Meski berukuran layar cukup lebar, yaitu 8 inci dan 9,7 inci, bodinyayang tipis, yaitu hanya 5,6 milimeter, tak membuat canggung membawanya kemana-mana.

Tak hanya itu. Ragam varian warnanya, seperti putih, hitam dan keemasan juga bisa menambah gaya sekaligus menebalkan kesan kasual dan formal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com