Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2015, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com 
— Pelajaran tak hanya datang dari dalam ruang kelas. Anak-anak juga diimbau memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung tumbuh kembang mereka. Ada banyak hal yang didapat oleh anak lewat kegiatan ekstrakurikuler mereka, seperti uraian berikut ini:

1. Lebih mengenal dirinya
Lewat kegiatan ekstrakurikuler, anak menjadi lebih tahu kelemahan dan kelebihan dalam dirinya. Hal ini dikarenakan anak berada dalam lingkungan yang membuatnya lebih berkembang.

2. Meningkatkan percaya diri
Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang meningkatkan kepercayaan diri anak. Apalagi jika anak tersebut gemar dan unggul dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dipilihnya.

3. Belajar tanggung jawab
Anak-anak dapat belajar mengenai tanggung jawab lewat perannya di kegiatan ekstrakurikuler.

4. Belajar bergaul lebih luas
Biasanya pada kegiatan ekstrakurikuler anak-anak dapat mengenal lebih banyak teman di luar kelas formal sekolah. Hal ini membuat pergaulan anak menjadi lebih luas.

5. Sarana pelepas stres
Rata-rata kegiatan ekstrakurikuler dilakukan di luar jam pelajaran. Tentu ini akan menjadi sarana pelepas stres yang efektif asalkan anak memang berminat pada kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

6. Pencapaian sang anak
Dari kegiatan ekstrakurikuler anak dapat menikmati sebuah pencapaian akan hal yang digemarinya. Maka dari itu, doronglah anak untuk mengambil kegiatan ekstrakurikuler yang ia sukai.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com