Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Nenek di China Sudah 35 Tahun Tidak Gunting Rambut

Kompas.com - 13/10/2015, 21:56 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com Tokoh Rapunzel yang memiliki rambut sangat panjang ternyata tak hanya ada di dunia dongeng. Di kehidupan nyata, ada seorang nenek asal China yang memiliki rambut sangat panjang. Rambut nenek bernama Gu Meiying (59) ini mencapai panjang 2,5 meter. Persis Rapunzel, rambut nenek Gu juga dikepang untuk memudahkannya beraktivitas.

Berdasarkan Dailymail, nenek Gu mulai memanjangkan rambutnya pada tahun 1980 saat  berusia 24 tahun. Rambutnya yang terus tumbuh panjang membuat nenek Gu kesulitan menjalankan pekerjaan sebagai petani. Oleh karena itu, dia pun memilih untuk mengepang rambut agar lebih praktis.

Sekarang, kepangan rambut nenek Gu sampai perlu dililit ke perutnya karena terlalu panjang dan menggangu kegiatan sehari-harinya. Nenek Gu sendiri mengakui bahwa tiap kali dia keramas, butuh waktu sekitar seminggu sampai seluruh rambutnya benar-benar kering.

Ternyata, kebiasaan nenek Gu memanjangkan rambut ini adalah bagian tradisi dari sukunya. Nenek Gu berasal dari suku Miao, salah satu suku minoritas di China.

Suku Miaou memiliki kepercayaan bahwa rambut panjang mendatangkan kesehatan dan umur panjang. Wanita di suku Miao, dalam seumur hidup, menggunting rambut hanya satu kali. Bahkan, ada kepercayaan pada suku Miao untuk mengumpulkan rambut rontok dan menyimpan rambut leluhur mereka untuk ditampilkan dalam satu festival.

Namun, rambut panjang nenek Gu yang luar biasa ini masih jauh dari rekor rambut milik XIe Qiuping, wanita Tionghoa yang memecahkan rekor Guinness World Record karena rambut terpanjang, mencapai 5,5 meter.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com