Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2015, 22:20 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com — Bagaimana Anda menikmati kopi setiap hari? Pekat dan pahit? Hati-hati, bisa jadi tanpa Anda sadari, Anda memiliki sifat seorang psikopat. Setidaknya demikianlah hasil studi yang dipimpin oleh Dr Christina Sagioglou dari Innsbruk University, Inggris.

Sagioglou mengungkapkan hasil studi yang merangkum bahwa orang yang menikmati kopi pekat dan pahit, seperti kopi hitam dan air tonik, berpotensi memiliki sifat sadis dan narsis. Kedua sifat tersebut mengindikasikan seseorang yang menderita psikopat.

Lebih kurang 500 responden pria diteliti dalam studi kontroversial ini. Semua responden diminta untuk memberikan peringkat rasa minuman, mulai dari rasa manis, pahit, dan tawar. Seiring dengan itu, mereka juga harus mengisi kuesioner mengenai kepribadian. Sejumlah pertanyaan meliputi rasa empati, kemampuan dalam memprovokasi, dan melukai orang lain.

Kemudian, semua responden juga diuji dengan pilihan pernyataan yang sering mereka ungkapkan dalam keseharian. Hal ini bertujuan untuk menilai kemungkinan seseorang memiliki sifat mengendalikan, psikopat, dan narsistik.

Lalu, tes uji lainnya menilai soal kemungkinan berperilaku sadis terhadap orang lain.

Hasilnya, studi yang dipublikasikan oleh jurnal Appetite ini menyimpulkan bahwa umumnya orang-orang yang menikmati rasa pahit dalam keseharian cenderung berkepribadian kasar, control freak, psikopat, sadis, dan narsistik.

Menurut Dr Sagliogou, kecanduan rasa pahit pada minuman dan makanan menimbulkan fluktuasi emosi, yakni sesorang menikmati hal-hal yang kental dengan aura suram dan penuh ketakutan.

"Penelitian kami menemukan korelasi kuat antara kegemaran akan rasa pahit terhadap potensi sifat sadis dalam keseharian," ujar Sagliogou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com