Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Suasana Hati yang Berantakan, Jangan Sering Main Facebook

Kompas.com - 16/10/2015, 06:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang pasti memiliki cara sendiri untuk memperbaiki suasana hati yang berantakan. Ada yang memilih untuk menyantap makanan manis hingga menenangkan diri dengan tidur atau bermeditasi. Namun, Anda tidak perlu repot mencari kegiatan untuk memperbaiki suasana hati, sebab ada beberapa kegiatan sederhana yang dapat dilakukan.

Beberapa kegiatan sederhana terbukti mampu memperbaiki suasana hati dan membuat Anda lebih bahagia berdasarkan studi ilmiah. Berikut uraiannya.

1. Menghirup aroma bunga mawar
Berdasarkan riset yang dilakukan para ahli di Harvard University, Amerika Serikat, mereka yang menempatkan rangkaian bunga segar di dalam rumah selama satu minggu penuh dilaporkan merasa lebih berenergi dan tidak merasakan kecemasan.

2. Membelanjakan uang dengan bijak
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 silam, para ahli dari San Francisco State University, menemukan bahwa membelanjakan uang untuk merasakan pengalaman baru dalam hidup, seperti berwisata dan berlibur membuat seseorang merasa lebih bahagia ketimbang membelanjakan uang untuk barang-barang.

3. Menikmati kopi
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal PLOS ONE, meminum empat kaleng soda atau lebih dalam sehari akan meningkatkan risiko depresi seseorang hingga 30 persen. Sementara itu, meminum kopi sebanyak empat gelas sehari mampu menurunkan risiko depresi hingga 10 persen.

4. Konsumsi suplemen vitamin D
Sebuah studi yang dilakukan terhadap lebih dari 12.000 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D yang amat rendah dalam tubuh cenderung merasa depresi. Sehingga, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter apakah Anda kekurangan vitamin D sehingga dapat diberikan suplemen.

5. Berolahraga secara rutin
Para peneliti asal Inggris dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal JAMA Psychiatry pada tahun 2014 lalu menemukan bahwa memulai kebiasaan olahraga antara usia 20 hingga 40 tahun yang terdiri atas tiga sesi seminggu dapat menurunkan risiko depresi hingga 16 persen.

6. Kurangi main Facebook

Rutin mengecek media sosial seperti Facebook ternyata berpengaruh pada suasana hati Anda. Sebuah studi yang dihelat para peneliti di University of Michigan pada tahun 2013 lalu menemukan bahwa situs jejaring sosial tersebut menurunkan kebahagiaan dan kepuasan hidup secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com