Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran George Kembalikan Tren "Retro" Pada Busana Anak

Kompas.com - 16/10/2015, 15:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Penampilan dan gaya busana Pangeran George (3), putra dari Pangeran William dan Kate Middleton selalu menarik perhatian publik karena pilihan padu padan yang lucu dan klasik. Hasilnya, setiap busana yang dikenakan sang pangeran cilik ini pun selalu laris terjual.

Namun demikian, cukup banyak masyarakat yang menyadari bahwa sebenarnya gaya berpakaian Pangeran George amat klasik. Bahkan, busana-busana yang dipilih oleh Kate untuk Pangeran George dinilai tradisional, salah satunya dapat dilihat dari busana-busana beraksen kerut atau smock.

"Kita telah melihat Pangeran George mengenakan atasan beraksen kerut dalam beberapa kesempatan. Ini sangatlah tradisional. Pangeran George adalah balita yang paling berpengaruh di dunia. Jika dia mengenakan baju beraksen kerut, tiba-tiba sah-sah saja mengenakan kerut. Jika dia tampil mengagumkan, maka busana yang dikenakannya akan menjadi tren," ungkap Rachel Riley, seorang perancang busana anak-anak dalam wawancara dengan majalah People.

Aksen kerut adalah teknik penjahitan klasik yang mengumpulkan bahan sehingga bisa meregang. Teknik ini berasal dari Inggris untuk memberikan fleksibilitas pada manset dan korset. Tren ini kembali populer pada era 1980-an. Mendiang Lady Diana pun seringkali memilihkan busana beraksen kerut untuk Pangeran William saat masih balita.

Namun, tidak hanya Pangeran George dan sang ayah yang mengenakan busana beraksen kerut di masa kanak-kanak. Pangeran Charles, kakek Pangeran George dan sang adik, Putri Anne pun tampak mengenakan busana dengan aksen kerut di masa kanak-kanak mereka pada tahun 1940-an dan 1950-an. Lady Diana pun mengenakannya pada era 1960-an.

Riley menjelaskan, sebelum era-era tersebut, aksen kerut dianggap utilitarian dan tidak modis untuk anak-anak. Menurut Riley, tidak mengejutkan apabila banyak orangtua yang mendandani anak mereka setelah Pangeran George mengenakan busana beraksen kerut.

"Busana-busana Pangeran George sangat klasik. Dia mengenakan busana yang amat sederhana, sangat cocok dengan anak-anak seusia dia," jelas Riley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com