Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oh Tidak... Ponsel Pintar Sebabkan Kulit Wajah Cepat Tua

Kompas.com - 19/10/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com – Hal paling sulit dilakukan di era serba modern seperti sekarang adalah banyak orang sulit berjauhan dengan ponsel pintar mereka.

Memang benar, fungsi dan manfaat ponsel pintar sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan ponsel dan aplikasi di dalamnya, ternyata memiliki efek samping kurang baik dari sisi psikologis. Namun, siapa sangka penggunaan ponsel pun dapat berpengaruh terhadap kecantikan kulit Anda?

Sebuah riset menyatakan bahwa ponsel pintar dan laptop lebih berpotensi menyebabkan kerusakan kulit ketimbang paparan sinar matahari.

Pasalnya, sinar biru yang dipancarkan dari layar televisi, komputer, dan ponsel atau high-energy visible light (HEV) sama bahayanya dengan sinar ultraviolet yang mengakibatkan kerusakan kulit.

Berdasarkan laporan The Sun, saat ini riset yang secara spesifik meneliti tentang dampak HEV masih dikembangkan.

Namun, para peneliti menyatakan bahwa sinar biru ini melakukan penetrasi yang lebih dalam pada kulit ketimbang sinar matahari yang mengandung ultraviolet.

Studi tersebut menyatakan bahwa sinar HEV tersebut dapat memengaruhi kulit secara signifikan dan menghentikan pemulihan ketika terjadi permasalahan kulit.

Tidak hanya itu, sinar biru ini pun memengaruhi DNA yang diyakini oleh para peneliti dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Penuaan kulit secara prematur diketahui merupakan efek samping dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Temuan baru ini dapat menjadi referensi bahwa kerusakan yang lebih berbahaya terhadap kulit sebenarnya dapat disebabkan ketika Anda berada di kantor atau di rumah.

Hasil temuan studi ini terurai di atas cukup mengejutkan dan mengerikan.

Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi intensitas kontak dan aktivitas menggunakan perangkat elektronik digital seperti televisi, ponsel, atau laptop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com