Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikini 3 Dimensi, Berenang sembari Bersihkan Laut

Kompas.com - 19/10/2015, 19:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com -- Sambil berenang membantu membersihkan laut, kira-kira itulah tujuan  dirancangnya bikini tiga dimensi (3D) dengan terobosan terbaru.

Dua orang profesor dari University of California, Riverside Bourns College of Engineering, Mihri dan Cengiz Ozkan, bersama mahasiswa dan lulusan Ph.D Daisy Patino dan Hamed Bay, membuat bahan material terbaru yang diberinama Sponge.

Sponge yang merupakan bahan dari bikini tiga dimensi ini memiliki fungsi membersihkan minyak, kebocoran bahan kimia, sekaligus menghilangkan kandungan garam. Bahan ini juga diklaim memiliki struktur yang sangat berpori sehingga tak hanya dapat berfungsi menyaring air, tapi juga bahan kimia berbahaya.

"Ini adalah material super yang tak berbahaya bagi lingkungan dan sangat murah untuk diproduksi," ujar Mihri Ozkan, salah seorang profesor pencipta Sponge.

Dengan bantuan rangka karet 3D, Sponge dibuat menjadi bikini siap pakai dengan model futuristik yang indah. Selain itu, Sponge juga dapat dibuat mejadi topi atau baju renang.

Bahan yang tepat untuk baju renang ini diklaim dapat menyerap bahan kimia atau kotoran lain sampai 25 kali berat asli. Tim University of California berkata bahwa bahan Sponge efektif digunakan hingga 20 kali pemakaian.

Desain bikini tiga dimensi dari bahan Sponge untuk membersihkan lingkungan ini berhasil menjadi pemenang utama dari Reshape 15 wearable Technology Competition. 

Mihri dan Cegiz, saat ini sedang menunggu hak paten dan hak cipta. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apakah bikini ini nantinya akan dijual secara luas atau tidak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com