Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2015, 05:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –-Kecantikan kulit merupakan salah satu perhatian utama wanita terhadap penampilan. Sebab, kulit yang kusam dan kering, tentunya bisa menurunkan rasa percaya diri.

Sadar akan kebutuhan dasar wanita tersebut, tak heran banyak produk dan perawatan hadir di pasaran menawarkan manfaat memperoleh kulit yang lebih indah, halus, dan sehat.

Namun, sebenarnya rahasia untuk memperoleh penampilan kulit yang sempurna adalah dengan menggunakan bahan-bahan murni dari alam.

Linda Lukitasari, Direktur Tempo Research, menjelaskan bahwa seaweed atau rumput laut dan lime atau jeruk nipis, telah sejak lama dipercaya sebagai rahasia kecantikan kulit secara turun-temurun.

Menurut mitologi Yunani, rumput laut sejak zaman dahulu dipercaya sebagai rahasia kulit cantik Dewi Cinta Aphrodite.

Di samping itu, rumput laut juga digunakan dalam tradisi perawatan kulit klasik bangsa China dan Polinesia. Bahkan, para wanita Irlandia, sejak abad ke-12, sudah menerapkan rumput laut untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan selulit.


"Indonesia merupakan negara bahari sekaligus penghasil rumput laut terbesar dan terbaik di dunia. Rumput laut telah dikenal khasiatnya untuk membersihkan, melembabkan, hingga memperbaiki kulit. Ketahanan dan kemampuan restoratifnya membuat rumput laut sangat berharga dan dipercaya membawa berbagai khasiat bagi perawatan kulit," ungkap Linda pada jumpa pers Marina Hydro Cool Gel Lotion di Decanter Wine Bar, Senin (19/10/2015).

Adapun jeruk nipis juga memiliki beragam manfaat untuk perawatan kulit, salah satunya adalah membuat kulit menjadi cerah dan halus.

Linda menuturkan, jeruk nipis merupakan bahan dasar ramuan kecantikan tradisional di Indonesia.

"Cukup banyak formula kecantikan tradisional yang memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan dasar, baik buah maupun daunnya. Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kecantikan adalah kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi cerah, halus, dan kencang," terang Linda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com