Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Pilih Alas Bedak

Kompas.com - 21/10/2015, 06:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber allure.com


KOMPAS.com --
Menemukan alas bedak atau foundation yang tepat dan sesuai dengan warna kulit wajah bisa dibilang susah-susah gampang.

Selain warna, ada berbagai hal lain yang menjadi pertimbangan saat memilih alas bedak, seperti tekstur dan formula yang aman agar tak menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Berikut kesalahan yang paling sering dilakukan wanita saat memilih alas bedak:

1. Mencoba alas bedak di cahaya yang salah
Menurut Stephanie Flor dan Clinique color pro, pencahayaan adalah faktor penting saat membeli alas bedak. "Cobalah alas bedak di kulit dan diamkan selama 15 menit. Pergi ke cahaya sinar matahari dan lihat warna aslinya. Alas bedak mengalami oksidasi yang hangat alami dari kulit selama beberapa menit,"

2. Salah memilih tekstur
"Jika kulit seseorang kering, alas bedak tipe matte akan membuat kulit terlihat dehidrasi. Kadang orang dengan kulit berminyak malah memilih alas bedak bubuk, padahal water based foundation adalah yang paling tepat," ujar Sir John, Make Up Artist, L’oreal Paris

3. Formula alas bedak yang keliru
"Alas bedak yang menutup sempurna mengkin kelihatan chic, tetapi sulit menemukan yang tepat," ujar Katie Jane Hughes, make up artist dari Butter London.

Hughes menyarankan, untuk memilih foundation berformula medium coverage, dan menambahkan concealer di wajah agar menyatu sempurna dan terlihat alami.

4. Lupa mengaplikasikan di leher
"Kesalahan terbesar yang sering aku lihat adalah banyak wanita lupa mengaplikasikan alas bedak di leher. Alhasil,  leher dan wajah memiliki warna berbeda," ujar Mally Roncal, seorang make up artist langganan Jennifer Lopez.

5. Tak menghabiskan banyak waktu meneliti alas bedak
Victor Henao, director of global make up design Estee Lauder berkata ada begitu banyak tipe foundation di pasaran. Kesalahan wanita yang terutama adalah tak meneliti foundation yang sesuai kebutuhan.

"Cara terbaik untuk menentukan foundation yang cocok adalah dengan memikirkan hasil akhir tampilan wajah yang diinginkan. Jika sudah pertimbangkan lingkungan dimana kau habiskan banyak waktu," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com