Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2015, 10:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com -- Semua setuju jika relasi adalah salah satu faktor penting dalam pekerjaan. Untuk orang dengan kepribadian ekstrovert, menjalin relasi bukan perkara sulit.

Namun, urusan tersebut merupakan tantangan terbesar bagi mereka yang memiliki sifat introvert.  

Berikut lima hal yang dapat dilakukan introvert untuk menjalin relasi lebih baik dalam pekerjaanya:

1. Jangan menghakimi diri sendiri
Bukan berarti jika Anda memiliki kepribadian introvert, Anda jadi tak bisa sukses menjalin relasi. Buang jauh-jauh stigma jika introvert menjadi penghalang mengembangkan relasi. Sebab, pada dasarnya menjalin relasi adalah kemampuan yang dapat dilatih.

2. Buang pikiran negatif
Hindari pikiran negatif Anda sebelum mulai menjalin relasi. Latih pikiran Anda untuk fokus pada hal positif yang akan diperoleh dari menjalin relasi. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa gugup Anda saat bertemu orang baru.

3. Jangan malu mulai pembicaraan
Untuk memulai pembicaraan, Anda dapat memulai topik dengan mencari persamaan dengan orang tersebut.

Percayalah bukan Anda saja orang yang gugup untuk memulai pembicaraan, orang lainpun sama seperti Anda, maka dari itu orang yang memulai pembicaraan terlebih dahulu akan sangat dihargai. 

4. Percaya pada diri sendiri
Penelitian menunjukkan jika orang yang berpikir bahwa dirinya akan disukai banyak orang memang benar tampil lebih hangat, tidak mudah gugup, dan lebih disukai orang lain!.

5. Latih sikap Anda
Menjalin relasi tentunya akan canggung dan kurang nyaman di awal, tetapi semakin sering Anda melatih keterampilan bersosialisasi, maka kemampuan Andan akan terasah lebih baik.

Kondisi ini sama seperti analogi sepatu, sakit dan kaku saat pertama kali dipakai, tapi setelah beberapa kali dikenakan pasti terasa lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com