Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kiat Besarkan Anak yang Tidak Takut Makan Sayur

Kompas.com - 25/10/2015, 17:04 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Parents


KOMPAS.com –
Apakah Anda sering kewalahan dan khawatir karena si kecil, meski sudah besar, masih juga susah makan. Anda tak perlu panik. Pasalnya, banyak ibu yang mengalami kondisi serupa dengan Anda.

Membujuk anak untuk gemar mengonsumsi makanan sehat, bukan perkara mudah. Godaan makanan cepat saji dan makanan kurang baik lainnya di luar rumah terlanjur mencuri perhatian banyak anak-anak.

Namun, kondisi ini bukan berarti Anda harus putus. Berikut tiga kiat untuk membangkitkan nafsu makan anak terhadap hidangan bernutrisi dan sehat:

Jangan memanipulasi anak
Salah satu kiat efektif yang dilakukan para ibu untuk memenuhi gizi si kecil terhadap sayuran adalah menyembunyikannya di satu piring buah manis.

Menurut Saskia Sorrosa, seorang pemilik dan pendiri makanan bayi bernama Happy Belly Baby, bagaimana anak tahu bentuk dan rasa sayuran jika Anda selalu menyembunyikan dan melapisinya dengan jenis makan lain.

Cara terbaik adalah mengomunikasikan dan memperkenalkan segala jenis sayuran pada anak secara jelas serta nyata. Biarkan buah menjadi buah, sayur menjadi sayur.

Warna-warni sayur
Tak hanya buah dan sereal yang hadir dengan varian warna menarik untuk si kecil. Sebab, banyak jenis sayur yang memiliki warna cerah dan segar.

Ingat, Anda ingin anak-anak tahu dan mengenal berbagai jenis sayuran termasuk warna, tekstur, serta citarasa. Oleh karena itu, sajikan macam-macam sayuran berbagai warna pada anak dengan rasa yang lezat.

Rasa pedas bukan musuh
Jangan biarkan si kecil tumbuh dengan sifat takut pedas. Ya.. banyak ibu yang enggan mengenalkan rasa pedas pada si kecil karena takut sang buah hati sakit perut.

Namun, ibu yang baik pasti tau komposisi bumbu pedas yang tepat untuk makanan bayi.
Rangsang kreativitas Anda dalam memasak makanan buat si kecil menggunakan bawang putih, cabai, sambal merah, basil, atau jintan.

Lalu, jangan lupa untuk mengimbuhkan minyak zaitun untuk citarasa yang lebih menggunggah rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com