Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2015, 14:15 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Perubahan itu terungkap dalam survei yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan penyedia teknologi pembayaran Global Visa pada 2014 lalu. Hasilnya, 76 persen pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja secara massif dalam jaringan (daring) selama kurun 12 bulan terakhir.

Menariknya, pembeli daring itu cenderung berusia lebih muda. Usianya terpaut jauh dibandingkan pembeli offline yang hampir separuhnya sekitar 48 persen, yaitu berusia 18 sampai 30 tahun.

Begitulah kira-kira gambaran gaya hidup anak muda saat ini. Konsumtif dan bergantung dengan gawai.

Bagi mereka, penggunaan internet menjadi sebuah kebutuhan baru, di luar uang jajan. Karena itulah, berbelanja pun harus lewat daring. Terlebih, berbelanja lewat daring memiliki beberapa keuntungan berikut:

Mudah

Berbekal ponsel dan internet, situs-situs belanja bebas dikunjungi. Berbeda dengan belanja secara konvensional, berbelanja daring hanya perlu proses transaksi sederhana.

Pembayarannya pun cukup memakai kartu kredit atau ATM. Setelahnya, pembeli hanya tinggal menunggu barang diantar.

Diskon

Salah satu alasan banyak orang berbelanja daring adalah harga yang miring. Harga produk di toko biasanya sudah dinaikkan untuk biaya sewa tempat, karyawan dan operasional.

Berbelanja lewat daring, harga produk bisa ditekan lebih rendah lagi. Biaya tambahan mungkin ongkos kirimnya saja.

 

SHUTTERSTOCK Hitung penghematan belanja dengan menggunakan kupon diskon atau voucher

Sebelum berbelanja, biasanya calon pembeli akan membanding-bandingkan harga produk yang diinginkan. Mereka akan memulai dari media sosial hingga situs belanja yang kerap menawarkan diskon dalam waktu-waktu tertentu.

Salah satu situs belanja yang kerap menyajikan diskon, misalnya, Bukalapak.com. Promo yang saat ini berlaku adalah “Serbu Diskon Muda Mudi” terhitung 21 hingga 28 Oktober 2015.

Beragam produk khas anak muda seperti kebutuhan personal care, kamera, smartphone, komputer, fashion, kuliner dan hobi akan ditawarkan dengan potongan harga hingga 70 persen.

Nonstop

Kelebihan lain belanja daring adalah tidak terbatasnya waktu. Calon pembeli dapat berbelanja dan membidik produk favoritnya dimanapun dan kapanpun, bahkan pada dini hari sekalipun.

Tak heran, berbelanja kini dapat dianggap sebagai aktivitas efektif untuk membunuh waktu atau momen-momen membosankan.

Baca juga: Berbisnis Cukup Bermodal Android, Bukan Uang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com