Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Busana yang Terinspirasi Kecantikan Wanita Jawa pada Sore Hari

Kompas.com - 26/10/2015, 15:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Perancang busana kenamaan Indonesia, Ivan Gunawan, kembali menghadirkan koleksi busana terbarunya pada ajang Jakarta Fashion Week 2016.

Kali ini, Ivan yang akrab disapa Igun ini menampilkan rangkaian koleksi busana wanita yang mengedepankan kain batik asli Indonesia dan bertajuk Lembayoeng.

Keindahan kain batik Indonesia digubah Igun menjadi busana bergaya modern sesuai dengan tren terkini.

Koleksi yang ditampilkan Igun ini berada di bawah label Jajaka yang dipasarkan secara online.

Khusus label Jajaka, rangkaian busana untuk wanita dan pria dikreasikan dari kain tradisional Indonesia, seperti batik, tenun, dan songket.


Igun mengaku, inspirasi untuk Lembayoeng berasal dari kecantikan alami wanita Indonesia, khususnya wanita Jawa.

Layaknya bunga ketika matahari terbenam pada sore hari. Menurut Igun, masa transisi matahari dari terang menjadi gelap dipotretnya secara cermat dalam pikirannya dan diaplikasikan dalam rangkaian warna untuk busana koleksinya ini.

"Kali ini saya menampilkan batik. Saya memakai kain batik yang berwarna oranye, merah, jingga, hingga aksen hitam," ujar Igun dalam konferensi pers di fashion tent Jakarta Fashion Week 2016, Minggu (25/10/2015).

Koleksi-koleksi busana wanita yang ditampilkan Igun pada ajang mode tahunan ini menampilkan nuansa jingga dan merah yang dominan pada busana berpotongan boxy dan longgar.

Lalu, Igun pun menciptakan busana-busana dengan desain yang kasual sehingga setiap wanita dapat mengenakan untuk berbagai kesempatan sehari-hari.

Untuk melengkapi koleksinya, Igun mengaku, dirinya pun melakukan kolaborasi dengan penyanyi wanita kenamaan Indonesia, Titi DJ.

Kalung-kalung yang dikenakan oleh para model merupakan kreasi buatan tangan Titi DJ.

Dia memanfaatkan potongan-potongan kain batik yang digunakan oleh Igun untuk mencipta busana dan dijalin menjadi kalung yang begitu glamor dan elegan.

"Saya juga melakukan kolaborasi dengan Titi DJ yang sekarang juga sudah meluncurkan brand aksesori. Beliau menggunting kain-kain batik yang saya produksi dan dibuat menjadi pital digabungkan menjadi kalung dan aksesori berlapis emas yang dibuat dengan tangan," jelas Igun.

Beberapa selebriti kenamaan Indonesia pun menjadi model untuk memperagakan koleksi unik Igun ini, antara lain Artika Sari Devi, Marsha Timothy, Karenina, dan Atiqah Hasiholan.

Menurut Igun, dirinya memilih para selebriti tersebut sebagai muse karena mereka menampilkan wajah cantik asli Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com