Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspiratif, Pasangan Miliarder Pilih Salurkan 94 Persen Kekayaan untuk Donasi

Kompas.com - 27/10/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber today.com

KOMPAS.com -- Status miliarder tak membuat pasangan Julia Wise (30) dan Jeff Kaufman (29) gelap mata dan hidup foya-foya. Mereka justru memilih untuk hidup sederhana dan menolong orang lain yang membutuhkan.

Wise yang menjalani karier sebagai pekerja sosial dan Kauffman sebagai programer, keduanya memiliki penghasilan yang jika diakumulasi mencapai 245.000 dollar AS atau setara dengan Rp 3 miliar.

Alih-alih menghabiskan uang dengan belanja, liburan, dan mengoleksi benda seni mewah. Keduanya mengaku lebih nyaman untuk konsisten hidup dengan anggaran lebih kurang 15.280 dollar AS atau setara dengan Rp 270 juta dalam sebulan.

Berdasarkan perhitungan presentase, pasangan ini hanya menggunakan 6,25 persen penghasilan untuk kebutuhan pribadi. Bagaimana dengan sisanya? Seluruhnya mereka donasikan untuk kegiatan amal.

"Kami telah memiliki apa yang kami butuhkan, jadi masuk akal untuk memberikan uang kami pada orang lain yang lebih membutuhkan," ujar Wise yang berprofesi sebagai pekerja sosial.

Setiap tahun, Wise dan Kauffman duduk bersama untuk menyusun biaya pengeluaran untuk hidup. Mereka mengatur harta mereka dengan cara cukup praktis. Mereka memisahkan biaya bulanan dan memilih yayasan untuk menyumbangkan sisa kekayaan mereka.

Sejak tahun 2008 silam, setiap tahun, mereka menyumbang 400.000 dollar AS.  Lalu, mereka pun berjanji akan mengajarkan anaknya Lily yang baru berusia satu tahun untuk beramal.

"Kami berharap dia tumbuh besar dan berpikir bahwa ini adalah bagian dari kehidupan yang normal. Kami sama sekali tak melihat ini sebagai hal yang ekstrim. Ini menjadi kebiasaan dan kami harap dia dapat melihat bahwa menolong orang adalah bagian dari hidup," ungkap Wise.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com